Wakil Bupati Nias Selatan Kukuhkan Panitia Perayaan Natal Oikumene Tahun 2019

NIAS SELATAN, Diskominfo – Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru mengukuhkan Panitia Pelaksana Perayaan Natal Oikumene di Kabupaten Nias Selatan Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Nias Selatan, Rabu (11/12).

Adapun susunan Panitia Pelaksana Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Nias Selatan Tahun 2019 yang dikukuhkan sebagaimana yang tercantum pada Keputusan Bupati Nias Selatan Nomor 05.4_ 696 Tahun 2019 sebagai berikut : Ketua Umum, Aferili Harita, SE.,MA, Ketua I, P. Alexius Telaumbanua, OFM.Cap, Ketua II, Pdt. Avoda Pengalaman Bago, S.Th, Ketua III, Pdt. Ade Prihatini Wau, S.Th,  Sekretaris Umum, Pdt. Mardalianus Wau, M.Th, Sekretaris I, Pdt. Agustus Nazara, S.Th.,M.Min, Sekretaris II, Yursen Agus Laia, Bendahara Umum, Oktavizanus Ndruru, Bendahara I, Fatizaro Halawa.

Berikutnya, Koordinator Seksi Ibadah/Kebaktian, Pdt. Alvius Wau, M.Th, Koordinator Seksi Kegiatan dan Acara, P. Gregorius Fau, OFM.Cap, Koordinator Seksi Konsumsi, Tim Penggerak PKK, Koordinator Seksi Tempat, Perlengkapan dan Penerangan, Arlin Emus Dakhi, SE, Koordinator Seksi Dekorasi, Dian Kosasih,  Koordinator Seksi Tamu, Anggreani Dachi, SP, Koordinator Seksi Kebersihan, Hartawan Halawa, S.Pd, Koordinator Seksi Keamanan Kabag OPS. Polres Nias Selatan Kompol Saparuddin Zebua, Koordinator Seksi Publikasi dan Dokumentasi, Deri Dohude, S.Ag.,MM, Koordinator Seksi Pendanaan, Nurhayati Telaumbanua, S.Pd., MM, Koordinator Seksi Penerangan/Lampu, Manajer PLTD Teluk Dalam Jadiman Hutapea, Koordinator Seksi Mobilisasi Pemuda dan Mahasiswa,  Heldiswan Loi dan Koordinator Seksi Sosial/Santunan oleh Intansani Haria, SE.,MM.

Wakil Bupati Nias Selatan dalam arahannya menyampaikan dalam pelaksanaan perayaan Natal Oikumen Kabupaten Nias Selatan tahun 2019 agar panitia pelaksana selalu terbangun suatu kerjasama yang baik dan sinergitas sehingga pelaksanan perayaan Natal ini terlaksana dengan penuh ketulasan dan keikhlasan. Dengan niat baik kita bagaimana mengajak seluruh umat dan masyarakat diwilayah Kabupaten Nias Selatan untuk memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus sebagai juru selamat umat manusia.

“Melalui perayaan Natal Oikumene ini, semuanya bisa merasakan sukacita dan kedamaian satu dengan lainnya sehingga nama Tuhan dimuliakan dan terpuji nama-Nya didalam pekerjaan kita”, ujar Sozanolo Ndruru.

Setelah acara pengukuhan, diteruskan dengan rapat panitia yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Nias Selatan.

(timliputandiskominfokabnisel).

Bupati Nias Selatan Hadiri Perayaan Natal Gereja Bala Keselamatan Se-Distrik Nias

NIAS SELATAN, Diskominfo – Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH., menghadiri Perayaan Natal bersama Gereja Bala Keselamatan Se-Distrik Nias Tahun 2019 yang diadakan di Balai Persekutuan BKPN Teluk Dalam, Selasa (10/12).

Perayaan Natal bersama ini mengangkat Tema “Menggemakan Berita Sorga, Kelahiran Kristus adalah Kabar Baik Bagi Semua Generasi” dan penampilan koor dari Korps Bala Keselamatan Simandraolo, Vokal Group dari Korps Bala Keselamatan Bawomataluo, Drama singkat, dan Koor dari Gereja tetangga. Natal yang berlangsung dengan penuh sukacita, tertib dan lancar ini juga diwarnai dengan pentahbisan prajurit Bala Keselamatan berjumlah 59 orang oleh Opsir Bala Keselamatan Distrik Nias Mayor Imanuel Sabadi.

Pada acara Natal itu juga di selingi dengan perayaan Ulang tahun Ke 125 Tahun Gereja Bala Keselamatan di Indonesia dan juga pemberian cindera mata kepada Komandan Teritorial Gereja Bala Keselamatan Indonesia Kolonel Yusak Tampai dan Ibu Kolonel Widia Wati Tampai.

Turut hadir Hamba – Hamba Tuhan dari denominasi Gereja – Gereja di Nias Selatan, Tokoh masyarakat, Kepala OPD.

(timliputandiskominfonisel)

Menteri Dalam Negeri RI Bangga Disambut Dengan Adat Nias Selatan

NIAS SELATAN, Diskominfo – Kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Prof. H. Muhammad Tito Karnavian,Ph.D., disambut dengan acara adat saat tiba di halaman Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Senin (09/12).

Mendagri, Tito Karnavian mengatakan bangga mendapatkan pakaian adat Nias Selatan karena mendapatkannya bukan dari toko souvenir tapi diberikan dalam suatu acara yang besar. Hal ini dikatakan Tito Karnavian saat menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan masyatakat. Pakaian adat kepada Mendagri diserahkan oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH.

Penyerahan cenderamata yang bermotif budaya Nias Selatan itu diawali dengan musyawarah desa (Orahua Mbanua) untuk memberi gelar adat kepada Menteri Dalam Negeri RI yakni “Tuha Gari Safaoma Bawa” yang dikukuhkan secara resmi oleh para penatua adat di Desa Cagar Budaya Nasional Desa Bawomataluo yang disaksikan oleh masyarakat.

Selain itu, cenderamata juga diberikan kepada rombongan Mendagri, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Drs. Akmal Malik,M.Si., dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Dr. Bakhtiar,M.Si., Asops Kapolri, Irjen Pol Drs. Martuani Sormin,M.Si., sekaligus sebagai Kapolda Sumatera Utara yang baru dan Wakapolda Sumatera Utara, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto,S.I.K.,M.Hum.

Kedatangan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia RI turut disambut oleh Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely,S.Pd.,M.A., sekaligus sebagai Koordinator Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias, Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru, Forkopimda Kabupaten/Kota se-Kepulaua Nias, Sekda Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha,MM., Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian dan para Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Bahkan turut dihadiri oleh Tokoh Masyarakat Kepulauan Nias diantaranya, Mayjen TNI (Purn) Drs. Christian Zebua,MM., selaku Mantan Pangdam XVII/Cendrawasih, Mantan Anggota DPR RI, Drs. Arisman Zagoto, mantan Ketua DPRD Nias Selatan, Sidi Adil Harita,S.Sos.,M.A., mantan Ephorus BKPN, Dr. Foluaha Bidaya,M.Th., dan Sekjen BKPN, Pdt. Alvius Wau,M.Th.

Dalam menyambut kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia di Desa Bawomataluo disertai dengan penyampaian pertanyataan aspirasi masyarakat Kepulauan Nias sebagaimana disampaikan oleh Tokoh Masyarakat sekaligus mantan Ketua DPRD Nias Selatan Periode 2014-2019, Sidi Adil Harita,S.Sos.

Salah satu isinya yaitu pada poin 8 (delapan) menyuarakan bahwa dengan penuh suka cita, kami masyarakat Kepulauan Nias menyambut baik perkenan kunjungan kerja Bapak Menteri Dalam Negeri RI, Prof. H. Muhammad Tito Karnavian,Ph.D., yang begitu cepat merespon aspirasi masyarakat Kepulauan Nias.

Selanjutnya, tidak berlebihan bahwa kunjungan kerja perdana Bapak Mendagri selama periode Pemerintahan Presiden Jokowi ke Nias membawa semangat baru bagi perjuangan masyarakat kepulauan Nias untuk terwujudnya pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

Oleh karena itu, kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang tinggi seraya berdoa kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa menganugerahkan berkat kesehatan dan kesuksesan kepada Bapak Prof. H. Muhammad Tito Karnavian,Ph.D., dalam menjalan tugas Negara dan Bangsa. Demikian pernyataan aspirasi masyarakat Kepulauan Nias yang langsung diserahkan secara resmi kepada Mendagri di depan rumah adat besar Desa Bawomataluo.

(timliputandiskominfonisel)

Bupati Nias Selatan Melihat Simuk Lebih Dekat

NIAS SELATAN, Dsikominfo – Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bersama Danlanal Nias dan Kapolres Nias Selatan melakukan blusukan di Kecamatan Simuk, Sabtu (30/11/2109).

Blusukan ini untuk melihat secara langsung kondisi Kecamatan Simuk sebagai salah satu pulau terluar di Kabupaten Nias Selatan. Serta mendengar keluhan, kebutuhan dan harapan masyarakat Simuk. Selain itu juga memberikan penguatan bagi masyarakat Simuk. Kedatangan Bupati Nias Selatan yang sangat bersahaja itu disambut gembira oleh masyarakat Simuk.

 

 

 

 

Peringatan HUT PGRI Ke-74 Dan HGN 2019 Terlaksana Dengan Hikmat

NIAS SELATAN, Diskominfo – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019 Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, terlaksana dengan hikmat. Meskipun sempat diwarnai hujan namun hal itu tanpa mengurangi semangat peserta upacara dan semua rangkaian acara tetap berjalan dengan baik di lapangan Orurusa Telukdalam, Senin (25/11).

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bertindak sebagai inspektur upacara. Turut dihadiri oleh tamu dan undangan diantaranya Kapolres AKBP I Gede Nakti Widhiarta,S.I.K., Kajari Rindang Onasis,SH., Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian,M.Tr.Hanla., Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha,MM., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, dan Kepala Bagian Lingkung Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, yang dibacakan oleh Bupati Hilarius Duha, menyatakan bahwa biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi dengan kata-kata inspiratif dan retorik, tetapi pidatonya sedikit berbeda. “Saya ingin  berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” ucap Nadiem Anwar Makarim melalui pidatonya itu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengungkapkan tugas Guru adalah yang termulia sekaligus yang tersulit serta Guru ditugaskan untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan. Lebih lanjut Nadiem mengungkapkan Guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu Guru habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Selain itu, Nadiem mengatakan Guru tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. “Kemudian, Guru ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan. Guru frustasi karena Guru tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal,” ungkap Nadiem.

Beliau menambahkan Guru tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi, dan Guru ingin setiap murid terinspirasi, tetapi Guru tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

“Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda (Guru), tetapi saya mau katakana bahwa perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Oleh karenanya, satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia,” ujar Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang termuda di era pemerintahan Jilid II Presiden Joko Widodo. 

Seusai upacara peringatan HUT PGRI ke-74 dan HGN Tahun 2019 dilanjutkan dengan Launching Buku Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Nias. Peluncuran Buku tersebut didasari dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Muatan Lokal Budaya Nias dan Peraturan Bupati Nias Selatan Nomor 04 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Kurikulum Budaya Nias Selatan.

Berikutnya penyerahan piagam penghargaan kepada Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Lolomatua, Rosmawati Lombu,S.Pd., oleh Bupati Nias Selatan karena yang bersangkutan dinilai berhasil sebagai Korwil yang berinovasi. Serta penyematan bunga kepada para Guru oleh Bupati Nias Selatan bersama Forkopimda. Selain kegiatan tersebut, juga dilakukan peniupan lilin dan pemotongan kue untuk memeriahkan peringatan HUT PGRI ke-74 dan HGN Tahun 2019. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah kejuaraan atas pelaksanaan kegiatan perlombaan.

(timliputandiskominfonisel)

Bupati Nias Selatan Lantik Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator Dan Pengawas

NIAS SELATAN, Diskominfo – Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH., melantik 5 Pejabat Tinggi Pratama dan beberapa Pejabat Administrator lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan di Aula Kantor Bupati Jalan Arah Lagundri Km. 5 Teluk Dalam, Jumat (22/11).Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nias Selatan No. 05.3-651/2019 tentang Pengangkatan Jabatan Tinggi Pratama (PJTP) dan pengangkatan serta pengukuhan penjabat administrator dan pengawas dilingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Adapun Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik antara lain : Asaatulo Lase, SKM. diangkat menjadi Kadis Perpustakaan, Aferili Harita, SE diangkat menjadi Kaban BPKPAD, Drs. Setiaro Waruwu diangkat menjadi Kadis Tenaga Kerja dan UKM, dr. Heni Kurniawan Duha, MM diangkat menjadi Kadis Kesehatan, Megawati You, SKM diangkat menjadi Kadis P2KBP3A, dan Monasduk Duha, SE., MM diangkat sebagai Asisten Administrasi Umum.

Kemudian Pejabat Administrator yang dilantik, adalah Jon Leonardo Hulu, S. IP dilantik menjadi Kabag Penganggaran dan pengawasan pada Sekwan, Sara’atulo Laia, SKM dilantik menjadi Sekcam Ulususua, Petrusman Lase, SE dilantik menjadi Kasi Pembinaan Distribusi dan Pemasaran pada Disperindag, Darmawinata Nehe, SE dilantik menjadi Kasubbag Analisis dan Evaluasi pada Inspektorat, Damai Omega Telaumbanua dilantik menjadi Kasubbag Anggaran pada Sekwan.

Seterusnya, Arwan Duha dilantik menjadi Kasi Pengembangan Penanaman modal pada Dinas Perizinan, E. Florentina dilantik menjadi kasubbag Analisis pada Sekretariat Dewan, Pavoritman Harita dilantik menjadi Kasi Pelayanan Umum pada kantor Camat Teluk Dalam, Deskarnian Zagoto dilantik menjadi kasubbag Perencanaan pada Sekretariat Dewan, Wira Swasman Telaumbanua dilantik menjadi Kasubbag Risalah pada Sekretariat Dewan, Meihartini Zebua dilantik menjadi Kasubbag Perundang – Undangan pada Sekretariat Dewan, Deniria Laowo dilantik menjadi Kasi Farmasi pada Dinas Kesehatan, Yohanes M. Nehe dilantik menjadi Kabag Tata Pemerintahan pada Sekretariat Daerah, Robin Eli Duha dilantik menjadi Kabag Kesra pada Sekretariat Daerah, Hasrat Harefa dilantik menjadi Kabag Kerjasama pada Sekretariat Daerah, Amsarno S. Sarumaha dilantik menjadi Kabag Hukum pada Sekretariat Daerah, Damai Jaya Laia dilantik menjadi Kabag Perekonomian pada Sekretariat Daerah, Ridho S. Amurizokho Fau dilantik menjadi Kabag SDA pada Sekretariat Daerah, Go’olitomi Hulu dilantik menjadi Kabag Administrasi Pembangunan pada Sekretariat Daerah, Yupiter D. Telaumbanua dilantik menjadi Kabag Pengadaan Barang dan Jasa pada Sekretariat Daerah, Sawato Lase dilantik Kabag Perencanaan Keuangan pada Sekretariat Daerah, Sarso Sarumaha dilantik menjadi Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi pada sekretariat Daerah, Oktavianus E. Fau dilantik menjadi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada Sekretariat Daerah, Ruadat Harita dilantik menjadi Kabag Umum pada Sekretariat Daerah, Triani Buulolo dilantik Kasubbag Administrasi Kewilayaan pada Sekretariat Daerah, Agustinus Laia dilantik menjadi Kasubbag Administrasi pemerintah pada Sekretariat Daerah, Pribadilai Lase dilantik menjadi Kasubbag Bina Mental dan spritual pada Sekretariat Daerah, Andiamawati Buulolo dilantik menjadi Kasubbag Kesra pada Sekretariat Daerah, Marlina Zalukhu dilantik Kasubbag Evaluasi kerjasama pada Sekretariat Daerah, Edirahmansyah P. Sarumaha dilantik menjadi Kasubbag Perundang – Undangan pada Sekretariat Daerah.

Bupati dalam arahannya mengatakan bahwa Pelantikan Rotasi/Mutasi merupakan penyegaran dalam melaksanakan tugas. Beliau berharap kepada Pejabat yang baru dilantik meneruskan apa yang sudah baik untuk dilakukan dan memperbaiki apa yang dianggap menjadi kekurangan. Hilarius Duha juga menyebutkan bahwa jabatan ini tidak selamanya, lakukanlah yang terbaik dengan pengabdian yang baik sehingga apa yang kita doakan dapat terkabulkan. Keberhasilan apapun itu bukan hanya keberhasilan Bupati dan Wakil Bupati, akan tetapi merupakan keberhasilan kita bersama. “Tidak akan pernah ada yang mengatakan keberhasilan saya sendiri, karena satu sistem yang tidak dapat terpisahkan, ujar Duha.Turut hadir Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jun Lucky Boy Siburian, SE., M.Tr. Hanla, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM, Serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan Rohaniawan.

(timliputandiskominfonisel)

Seluruh Fraksi DPRD Nias Selatan Setujui Penetapan Ranperda APBD T.A. 2020

NIAS SELATAN, Diskominfo – Setelah melalui beberapa tahapan pembahasan dan tahapan Sinkronisasi, Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020, disetujui penetapannya oleh seluruh Fraksi melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nias Selatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Jalan Saonigeho KM. 3 Teluk Dalam, Kamis (21/11).

Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH., menyampaikan terimakasih kepada Pimpinan beserta Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan, setelah melalui tahapan sinkronisasi menyetujui dan menetapkan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020 dan selanjutnya, akan di evaluasi oleh Gubernur Sumatera Utara, sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku.

Turut hadir Wakapolres Nisel Kompol Kompol Martin Luther Dakhi, S.Sos, mewakili Danlanal Nias, Danramil Telukdalam, Sekda Kabupaten Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM, Asisten Administrasi Umum Drs. Setiap Waruwu, Staf Ahli Bupati Nias Selatan, Fatalosa Giawa, SH, Kepala OPD dan Para Camat.

(timliputandiskominfonisel)

Atraksi Budaya Dari Nias Selatan Tampil Spektakuler Di YNF 2019

NIAS SELATAN, Diskominfo – Atraksi budaya dari Kabupaten Nias Selatan tampil dengan spektakuler pada acara pembukaan Ya’ahowu Nias Festival 2019 di lapangan Tetesua Sirombo Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (16/11).

Hal ini tampak jelas pada saat melakukan tari “Fataelusa” dan Lompat Batu (Hombo Batu) dengan berbagai kreasi baru sehinggal dapat memikat perhatian para tamu dan undangan yang berada di sekeliling lapangan Tetesua Sirombu Nias Barat.

Selain atraksi budaya dari Kabupaten Nias Selatan, juga ditampilkan atraksi budaya diantaranya dari Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias Barat yang bagitu manarik serta tidak membosankan untuk dinikmati hingga berakhirnya semua pertunjukan.

Menurut penilaian Gubernur Sumatera Utara sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, dr. Ria Nofida Telaumbanua,M.Kes., Kepulauan Nias mempunyai keunggulan potensi budaya dan pariwisata yang tidak kalah saing dengan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara bahkan tingkat Nasional.

Ya’ahowu Nias Festival (YNF) sebagai agenda tahunan Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias sedang diperjuangkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pariwisata untuk ditetapkan dalam kalender of event Nasional.

“Sebagai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara saat ini sedang memperjuangkan Ya’ahowu Nias Festival menjadi kelender of event Nasional. Sebab apabila Ya’ahowu Nias Festival ini sudah masuk pada kelender of event nasional maka tidak hanya milik kelima daerah se-kepulauan Nias (skala daerah) namun akan menjadi event berstandar nasional bahkan internasional,” ujar Ria Nofida Telaumbanua, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara mewakili Gubernur Sumatera Utara.

Acara Ya’ahowu Nias Festival 2019 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara diwakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Ria Nofida Telaumbanua, didampingi para Kepala Daerah dan Forkopimda se-Kepulaun Nias yang ditandai dengan pemukulan gong serta disambut tepuk tangan yang meriah.

Pada acara pembukaan YNF ini, turut dihadiri Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru, dengan rombongan Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian, dan para pemain sanggar budaya dan pelompat batu dibawah binaan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Nias Selatan, serta tim liputan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan.

Mengawali acara pembukaan YNF itu didahului dengan karnaval dan konvoi keliling lapangan Tetesua Sirombu Kabupaten Nias Barat. Peserta karnafal terdiri dari Kabupaten Nias Barat selaku tuan rumah, Kabupaten Nias, Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias Utara.

Semua rangkaian acara dapat berjalan baik, meskipun sempat diwarnai hujan namun tidak mengurangi semangat peserta karnaval. Setelah acara pembukaan akan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan YNF lainnya sampai pada tanggal 20 November 2019.

(timliputandiskominfonisel)

Inspektorat Nias Selatan Gelar Rapat Kerja Pengawasan Pelaksanaan Urusan Pemerintahan

NIAS SELATAN, Diskominfo – Inspektorat Kabupaten Nias Selatan menggelar Rapat Kerja (Raker) Pengawasan Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Nias Selatan, Senin (4/11).

Raker tersebut dipimpin oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH yang dihadiri Staf ahli, Asisten serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Nias Selatan.

Inspektur Nias Selatan Emanuel H. Telaumbanua, SH menyampaikan bahwa tujuan Raker tersebut yakni meningkatkan pengawasan pelaksanaan urusan pemerintahan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah.

Bupati Nias Selatan dalam arahannya menyampaikan agar dalam pelaksanaan tugas menangani dan mengurangi permasalahan yang ada, sebagai pimpinan perlu membangun sistem manajerial kepada anggotanya sehingga pekerjaan dapat terlaksana dengan baik.

Lanjut Hilarius menekankan dalam pelaksanaan proses pekerjaan agar profesional dalam bekerja, beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan mematuhi segala aturan-uturan yang berlaku. (timliputandiskominfokabnisel).

SOSIALISASI KEPROTOKOLAN DAN TATA PAKAIAN PADA ACARA KENEGARAAN DAN ACARA RESMI

Pemerintah Daerah Kab. Nias Selatan melalui Bagian Humas Sekretariat Daerah Melakukan kegiatan SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH No. 39 TAHUN 2018 TENTANG PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG No. 9 TAHUN 2010 TENTANG KEPROTOKOLAN DAN PERPRES No. 71 TAHUN 2018 TENTANG TATA PAKAIAN PADA ACARA KENEGARAAN DAN ACARA RESMI pada hari Senin (04/11) bertempat di Aula Kantor Bupati Nias Selatan Jl. Arah Sorake Km. 5 Teluk Dalam.

Pembukaan acara dihadiri oleh Bupati Nias Selatan, Ketua TP-PKK, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah dan ASN peserta sosialisasi. Dalam laporan Ketua Panitia yang juga selaku Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Oktavianus Fau, S.Sos bahwa Peserta sosialisasi berjumlah sebanyak 95 orang yang seluruhnya adalah ASN Eselon IV utusan dari masing-masing OPD.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH. Dalam arahan beliau menegaskan pentingnya sosialisasi Keprotokolan dan Tata Pakaian pada Acara Kenegaraan dan Acara Resmi sehingga diharapkan agar peserta serius mengikutinya agar nantinya dapat diimplementasikan di lingkungan pemerintah khususnya di OPD masing-masing.

Narasumber kegiatan sosialisasi adalah Kepala Sub Bagian Hubungan Keprotokolan Bagian Protokol Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri Gentur Haru Anggoro, S.STP dan Analis Data dan Informasi Bagian Protokol Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri Barik Muhammad, S.IP.

(timliputandiskominfonisel)