Menteri Hukum Dan HAM Tinjau Tempat Acara Puncak Sail Nias 2019

NIAS SELATAN, Diskominfo – Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham), Prof. Yasonna Hamonangan Laoly,SH.,M.Sc.,Ph.D., selaku Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019 meninjau secara langsung sejumlah lokasi acara Sail Nias 2019 di Kabupaten Nias Selatan diantaranya Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Pantai Sorake dan Bandara Silambo, Senin (19/08).

Menkumham saat meninjau lokasi tersebut didampingi beberapa Pejabat Kementerian diantaranya Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto, Staf Khusus Menkumham Fajar BS. Lase, Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, dan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Serta Deputi Bidang Koordinator SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Asisten Operasi Kepala Staf TNI-AU, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli,MM., dan Wali Kota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, Kapolres Nias, AKBP Deni Kurniawan,S.I.K.,MH., Kapolres Selatan, AKBP I Gede Nakti Widhiarta,S.I.K., Dandim 0213/Nias, Letkol Inf. Y. Reymond RS Purba,SH.,M.Tr (Han).

Yasonna Laoly mengatakan tempat acara puncak Sail Nias 2019 akan berlangsung di Kabupaten Nias Selatan sehingga sarana prasarana harus dipersiapkan dengan baik. ”Untuk memastikan bahwa persiapkan pelaksanaannya baik, maka saya melakukan kunjungan ini untuk pengecekan persiapan. Seperti persiapan tempat, jalan, pelabuhan dan bandara, dan semuanya sudah ok,” ujar Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019, Yasonna Laoly.Kegiatan Sail Nias 2019 akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang rencananya sudah berada di Kabupaten Nias Selatan mulai tanggal 13 – 14 September 2019 sehingga persiapan demi persiapan semakin dimantapkan. Yasonna Laoly menjelaskan beberapa lokasi yang harus dipersiapkan seperti Bandara Silambo tempat pendaratan Heliped Presiden RI, Pelabuhan Baru Teluk Dalam tempat acara puncak Sail Nias dan Pantai Sorake tempat Kejuaraan Surfing Internasional WSL Nias Pro 2019.

Seusai meninjau sejumlah tempat, Menkumham Yasonna Laoly memimpin rapat koodinasi di ruang meeting Bupati Nias Selatan, Jalan Arah Sorake Km. 5 Teluk Dalam. Dengan agenda persiapan penyelenggaraan acara puncak Sail Nias 2019. Menkumham menegaskan rapat tersebut sebagai tindaklanjut rapat-rapat sebelumnya guna memantapkan persiapan untuk menyambut dan menyukseskan Sail Nias 2019 sebagai salah satu agenda Nasional.

Adapun beberapa penegasan Menkumham meminta para Kepala Daerah se-Kepulaun Nias, Dandim 0213/Nias dan para Kapolres agar meningkatkan pemberian sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat kegiatan Sail Nias yang akan segera berlangsung di Kepulauan Nias. Yasonna Laoly mengatakan pemberian pemahaman itu dapat dilakukan melalui Perangkat Kecamatan dan Desa, termasuk melalui pemasangan umbul-umbul dan spanduk (baliho) sepanjang jalan dari Bandara Binaka Gunungsitoli sampai ke Kota Teluk Dalam, dan dari Kota Teluk Dalam sampai Bandara Silambo dan Pantai Sorake untuk menunujukan kemeriahan pelaksanaan Sail Nias 2019.

Selain itu, Menkumham menegaskan kepada PLN untuk meningkatkan pelayanan listrik baik pra maupun paskah acara Sail Nias 2019. Demikian juga kepada Telkomsel, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata, dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Sail Nias agar semua acara agar dapat berjalan dengan baik. Bahkan mengharapkan kepada para Kepala Daerah untuk menghadirkan masa agar kegiatan Sail Nias ramai dan tertib. (timliputandiskominfonisel)

Pemkab Nias Selatan Tutup Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74

NIAS SELATAN, Diskominfo – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Kabupaten Nias Selatan ditutup dengan acara Resepsi Kenegaraan yang di adakan di Pondopo Rumah Dinas Bupati Jalan Pancasila Teluk Dalam, Minggu (18/9).Resepsi Kenegaraan ini diwarnai dengan penyampaian pesan dan kesan peserta Paskibraka selama mereka di karantina hingga sukses bertugas menaikan dan menurunkan Bendera Merah Putih pada HUT KEMRI Ke-74 di Lapangan Bola Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo. Pada sambutan orang tua peserta Paskibraka, menyampaikan terima kasih kepada pembina paskibraka yang telah melatih putra putri kabupaten menjadi Anggota Paskibraka yang memiliki semangat pejuang 45 sehingga mereka sukses dalam bertugas dan berharap Pemerintah Daerah memperhatikan terus memperhatikan study mereka.Sementara Ketua DPRD Sidi Adil Harita, S.Sos, M.A., memberikan sambutan hangat dan sekaligus bangga kepada Anggota Paskibraka dan juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yang sudah menyukseskan rangkaian kegiatan acara HUT KEMRI Ke-74 dari mulai awal sampai akhir. Sidi Adil juga mengucapkan terimakasih kepada Pembina dan Pelatih Paskibraka yang sudah bersungguh-sungguh melatih mereka sehingga Upacara berjalan dengan baik.Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH., dalam arahanya, Beliau merasa bangga kepada anggota paskibraka yang telah sukses bertugas dan berterimakasih kepada Pembina dan Pelatih Paskibraka yang sudah mendidik mereka selama 3 minggu sehingga menjadikan mereka pribadi yang memiliki semangat yang luar biasa.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Seketariat Daerah Ir. Ikhtiar Duha, MM., Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Pimpinan Bank, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Orang Tua Paskibraka, 45 Anggota Paskibra dan tamu undangan lain. (timliputandiskominfonisel)

Danlanal Nias Inspektur Upacara Penurunan Bendera Di Nias Selatan

NIAS SELATAN, Diskominfo – Danlanal Nias, Letkol Laut (P) Jun Lucky Boy Siburian,M.Tr.Hanla., menjadi inspektur upacara penurunan Bendera Pusaka Merah Putih pada peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (17/08).Upacara tersebut dihadiri Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., beserta Ketua TP PKK Ny. Yustina Hilarius Duha, Ketua DPRD Sidi Adil Harita,S.Sos.,M.A., Kapolres AKBP I Gede Nakti Widhiarta,S.I.K., Kajari Nias Selatan Rindang Onasis,SH., Plt. Sekda Ir. Ikhtiar Duha,MM., Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat Maniamolo, serta tamu dan undangan lainnya.“Dengan selesainya upacara penurunan bendera ini maka tugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Nias Selatan dapat dikatakan berhasil dengan baik,” ujar salah seorang Panitia Peringatan HUT Proklamasi RI ke-74 seusai menyaksikan upacara penurunan bendera merah putih di lapangan bola Desa Hilisimaetano, Kecamatan Maniamolo.Petugas upacara pada penurunan bendera antara lain: komandan upacara, IPDA Taufik Tri Santoso,SH., selaku Kasat Pol Air Polres Nias Selatan dan perwira upacara, AKP Edy Sukamto,SH.,MH., selaku Kasat Reskrim Polres Nias Selatan, serta penggerek bendera Abdiel Pratama Buulolo Siswa SMAN 1 Teluk Dalam, Dion Harita Siswa SMKS Pelayaran Teluk Dalam dan Yohanes K.S. Ndruru Siswa SMAN 1 Onohazumba.Sedangkan pembawa baki bendera merah putih Angel Siswati Duha siswi SMAN 1 Teluk Dalam. Anggota Paskibraka Kabupaten Nias Selatan tahun ini sebanyak 45 orang diantatanya 25 laki-laki dan 20 perempuan. Mereka semua adalah siswa-siswi SMA/SMK utusan setiap kecamatan. Kemudian yang membawakan lagu Indonesia Raya paduan suara dari SMAN 1 Maniamolo.

(timliputandiskominfonisel)

Upacara HUT Proklamasi RI Ke-74 Di Nias Selatan Terlaksana Dengan Hikmat

NIAS SELATAN, Diskominfo – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Nias Selatan terlaksana dengan baik dan penuh hikmat, Sabtu (17/08), berlangsung di lapangan bola Desa Hilisimaetano, Kecamatan Maniamolo.Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bertindak sebagai inspektur upacara dan komandan upacara Kapten Laut (KH) Umar, serta perwira upacara IPTU Sahrial Sirait,SH.,MH. Kemudian pembawa bendera Ratnawati Hulu Siswi SMAN 1 Gomo, penggerek bendera Abdiel Pratama Buulolo Siswa SMAN 1 Teluk Dalam, Dion Harita Siswa SMKS Pelayaran Teluk Dalam dan Yohanes K.S. Ndruru Siswa SMAN 1 Onohazumba.Selanjutnya, yang bertindak sebagai komandan Kompi (Danki) Lettu Laut (PM) Muzai Nurrido,S.T.Han., dan Komandan Pleton (Daton) Samuel Saota siswa SMAS Kampus Teluk Dalam. Personil Paskibraka tahun ini sebanyak 45 orang diantaranya 25 laki dan 20 perempuan adalah siswa/siswi utusan setiap Kecamatan, dibawa binaan Sertu Generasi Nehe bersama Serda Sanauolo Buulolo sebagai pelatih.Upacara peringatan HUT proklamasi RI di Kabupaten Nias Selatan yang dipusatkan di lapangan bola Desa Hilisimaetano Kecamatan Maenamolo terlaksana dengan aman, tertib dan kondusif serta cuaca yang cerah dan bersahabat. Upacara ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dianataranya atraksi marching band dari siswa/siswi SMP, SMA dan SMK Kecamatan Maniamolo.Seusai upacara, Bupati Hilarius Duha bersama Wakil Bupati Sozanolo Ndruru menyerahkan secara resmi 247 SK pengangkatan PNS dari jalur Guru Garis Depan (GGD) dan 6 SK pengangkatan CPNS Tenaga Kesehatan dari Kementerian Kesehatan.Kemudian pada momentum peringatan HUT Proklamasi tahun ini, Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan menyerahkan piagam penghargaan kepada enam Desa yang telah melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2019. Piagam penghargaan tersebut diterima oleh Penjabat Kepala Desa yakni Idalajaya Hilisimaetano, Bonia Hilisimaetano, Samadaya Hilisimaetano, Hiliaurifa Hilisimaetano, Bawohosi, dan Hilifalawu.Hadir pada upacara tersebut Wakil Bupati Sozanolo Ndruru, Ketua DPRD Sidi Adil Harita,S.Sos.,M.A., Wakil Ketua dan Anggota DPRD, Kapolres AKBP I Gede Nakti Widhiarta,S.I.K., Kajari Rindang Onasis,SH., Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jun Lucky Boy Siburian,M.Tr.Hanla., Dandim 0213/Nias yang diwakili Kapten O. Zebua selaku Danramil Lahusa, Ketua dan Anggota KPU, Ketua dan Anggota Bawaslu.

Juga turut hadir Plt. Sekda Ikhtiar Duha,MM., Ketua TP PKK Ny. Yustina Hilarius Duha, Wakil Ketua TP PKK Megawati Sozanolo Ndruru, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat Maniamolo Idealisman Dachi, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Parpol, Tokoh Masyarakat/Agama, LSM dan Pers serta tamu dan undangan lainnya. (timliputandiskominfonisel)

Pemkab Nias Selatan Gelar Upacara Pawai Obor Menjelang Detik-Detik Proklamasi

NIAS SEALATAN, Diskominfo – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menggelar Upacara Taptu Pawai Obor menjelang HUT KEMRI Ke-74 yang dipusatkan di Lapangan Orurusa Teluk Dalam, Jumat (16/08).Upacara kali ini berlangsung meriah, Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta, S.I.K sebagai Inspektur Upacara dan Komandan Upacara Ipda Ardiansyah. Sementara ribuan peserta pada malam Taptu pawai obor antara lain unsur TNI, Polri, Satpol PP, Pramuka, Siswa/i dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, Marching Band dan masyarakat Nias Selatan.Pelepasan pawai obor oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH bersama unsur Forkopimda Nias Selatan, rute yang dilalui pada obor itu, dari lapangan Orurusa, Depan Pendopo Bupati Nias Selatan Jalan Pancasila menuju jalan Diponegoro – Jalan Ahmad Yani – Jalan Imam Bonjol, Jalan Sudirman – Jalan Saonigeho – Jalan Mohammad Hatta dan kembali ke Lapangan Orurusa.Turut Hadir, Ketua DPRD Nisel Sidi Adil Harita, S.Sos, M.A, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jun Lucky Boy Siburian, Kajari Nias Selatan Rindang Onasis, SH, Plt. Sekdakab Nisel Ir. Ikhtiar Duha, MM, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua TP-PKK Kabupaten Nias Selatan Yustina Repi Hilarius Duha, Ketua Bhayangkari Cabang Nias Selatan Kadek Nakti, Ibu-Ibu Jala Senastri. (timliputandiskominfonisel)

Bupati Dan Forkopimda Hadiri Paripurna Mendengar Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia

NIAS SELATAN, Diskominfo – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nias Selatan menggelar Rapat Paripurna mendengar Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada HUT KEMRI Ke-74 yang dipusatkan di ruang pertemuan DPRD Jalan Saonigeho Km. 3 Teluk Dalam, Jumat (16/8).

Turut hadir Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH., MH, Ketua DPRD Nisel Sidi Adil Harita, S.Sos, MA, Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, S.I.K, Kajari Nisel Rindang Onasis, SH, Danlanal Nias, Wakil Ketua DPRD Nisel Elisati Halawa, ST, dan Yohana Duha, SH, Plt. Sekda Nisel Ikhtiar Duha, beberapa Anggota DPRD lainnya, calon anggota DPRD terpilih, Kepala OPD dan Para Camat. (timliputandiskominfonisel)

Tabur Bunga HUT KEMRI Ke-74 Tahun 2019 Kabupaten Nias Selatan

NIAS SELATAN, Diskominfo – Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH., bersama Forkopimda mengikuti Upacara Tabur Bunga HUT KEMRI Ke-74 di Pelabuhan Lama Teluk Dalam, (16/8).Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kajari Nias Selatan Rindang Onasis, SH., sementara Letda Laut M. Suryaman Gea sebagai Komandan Upacara. Tabur Bunga ditandai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan oleh seluruh peserta upacara dan dilanjutkan dengan pelarungan karangan bunga ke laut oleh Inspektur UpacaraTurut hadir Plt. Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha, MM., Asisten, Kepala – Kepala OPD, Ketua TP-PKK Ny. Yustina Hilarius Duha dan Tim PKK, Bhayangkari, Jalasenastri, IAD (Ibu Adhyaksa Dharma Karini), personel TNI, personel Polres, Satpol PP, dan Dishub. (timliputandiskominfonisel)

Bupati Kukuhkan 45 Anggota Paskibraka Tahun 2019 Kabupaten Nias Selatan NIAS SELATAN,

Diskominfo – Dalam rangka menyambut dan menanti detik – detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 Tahun 2019, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH., Mengukuhkan 45 Anggota Paskibraka Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati, Jalan Arah Sorake Km. 5 Teluk Dalam, Kamis (15/08).Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga Harmonis Fau, SE. membacakan Pengantar Pengukuhan Calon Peserta PASKIBRAKA Kabupaten Nias Selatan dimana pada akhirnya adik-adik Anggota Paskibraka harus lebih mengenal jati diri sebagai penerus generasi muda bangsa, dan dituntut untuk besikap serta berperilaku sesuai dengan Pancasila dalam kehidupan sehari hari, sementara makna dari pengukuhan ini adalah jiwa kesatria, perbuatan bertanggung jawab dan rela berkorban untuk ibu Pertiwi. Peserta Paskibraka yang menerima pengukuhan ini sebanyak 45 orang diantaranya 25 laki laki dan 20 perempuan. Bupati selaku Inspektur Upacara membacakan teks Pengukuhan Paskibraka sebagai Pengibar Bendera Pusaka Merah Putih pada Tanggal 17 Agustus 2019. Dalam arahanya, Beliau menyampaikan rasa syukur karena Anggota Paskibraka telah dikukuhkan secara resmi yang akan melaksanakan tugas bersejarah. Keterlibatan siswa siswi pelajar dalam rangkai peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia memiliki rangkaian peran strategis dalam proses transfer aspek aspek historis dan Nasionalisme bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan para pendiri bangsa Republik Indonesia.

Anggota – anggota Paskibraka yang dikukuhkan harus memiliki kemampuan seperti layaknya pisau bermata dua yang memiliki dua sisi, serta memiliki dua ketajaman yang sama. Sebagai Anggota Paskibraka satu sisi harus memiliki kemampuan melakukan tugas mengibar dan menurunkan bendera Merah Putih pada Tanggal 17 Agustus 2019, disisi lain mereka juga harus memiliki karakter yang tangguh sebagai pemuda – pemudi berprestasi serta bermanfaat di lingkungan masyarakat.
Turut hadir Ketua DPRD kabupaten Nias Selatan Sidi Adil Harita, S.Sos.,MA, Danlanal Nias komandan lana laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, M.tr. Hanla, Kajari Nias Selatan Rindang Onasis, SH, Kapolres Nias Selatan diwakili oleh Kapolsek Teluk Dalam Iptu Arifin Simanjuntak, Plt. Sekertaris Daerah Kabupaten Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPd, TNI Polri, Orang tua Anggota Paskibraka dan Pers.(Timliputandiskominfo).

Rapat Paripurna DPRD Nias Selatan Atas Ranperda PAPBD TA. 2019

NIAS SELATAN, Diskominfo – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Nias Selatan melaksanakan rapat paripurna dalam rangka pemandangan umum Fraksi DPRD atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD, Kamis (15/8).                Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita S.Sos.,M.A didampingi Wakil Ketua DPRD dan dihadiri Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH, Forkopimda, Anggota DPRD, Plt. Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha,MM, para Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD.                Pada pemandangan umum Fraksi DPRD atas Ranperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2019, disetejui untuk dilakukan pembahasan di tingkat Komisi DPRD dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.                Sementara pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Nias Selatan dalam rangka penyampaian nota jawaban Bupati Nias Selatan terhadap pemandangan umum Fraksi DPRD atas Ranperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2019. Bupati Nias Selatan menyampaikan ucapan terima kasih atas pemandangan umum seluruh fraksi yang menyetujui dan menerima nota pengantar rancangan Perubahan APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2019 untuk dibahas bersama Komisi-Komisi di DPRD Kabupaten Nias Selatan dengan OPD mitra kerja.                “Saran dan masukan dari seluruh fraksi-fraksi akan menjadi bahan dan masukan kepada Pemerintah Daerah dalam penyempurnaan penyusunan rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 yang akan dibahas bersama dengan komisi”, ujar Bupati Nias Selatan.

(timliputandiskominfokabnisel).

Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Pimpin Rapat Koordinasi Sail Nias 2019

NIAS SELATAN, Diskominfo – Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Rizki Handayani, memimpin rapat koordinasi Sail Nias 2019 di ruang pertemuan Kantor Bupati, Jalan Arah Sorake Km. 5 Teluk Dalam, Kamis (15/08).Sambutan Bupati Nias Selatan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Martinus Halawa,S.Pd., mengatakan bahwa seluruh OPD bersama dengan masyarakat bergandengan tangan menyukseskan Sail Nias 2019.Dalam pertemuan itu, turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Ria Novida Telaumbanua. Sementara dari masing-masing daerah se-Kepulauan Nias memaparkan segala persiapan yang sudah dilakukan kepada Deputi dan Kepala Dinas Budpar Provsu.(timliputandiskominfonisel)