Sejumlah ASN Di Nias Selatan Dipromosi Dalam Jabatan

NIAS SELATAN, Diskominfo – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan mendapatkan promosi dalam jabatan Administrator setara Eselon III, jabatan Pengawas setara Eselon IV dan pemberian tugas tambahan sebagai Kepala UPTD Bidang Pendidikan serta Kepala UPTD Bidang Kesehatan. Promosi jabatan tersebut ditandai saat dilantik oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., di Aula Kantor Bupati, Jalan Arah Sorake Km. 5 Telukdalam, Senin (06/01).

ASN yang dilantik antara lain, Besisokhi Fanetu (Camat Hibala), Rosmanis Dachi,S.S., (Camat Luahagundre Maniamolo), Riang Hati Wau (Camat Maniamolo), Darnis Harita,ST.,M.A., (Camat Onolalu), Tehezatulo Sarumaha,S.Pt., (Camat Pulau-Pulau Batu Barat), Iskiat Garamba (Camat Pulau-Pulau Batu Utara), Hatizifaulu Laia (Camat Toma), Idealis Dakhi,S.Sos.,M.AP., (Kepala Pelaksana BPBD), Arsenius Halu,ST., (Sekretaris Dinas PUPR), Yanto Gohae,SKM.,MM., (Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk KBP3A), dan Ta’ajari Wau,S.Pd., (Sekretaris Dinas Perpustakaan).

Berikutnya, Sokhiwalo’o Laia,SE., (Sekretaris Dinas Sosial), Berkat Zebua,ST., (Kabid Bina Marga Dinas PUPR), Pacean Harita,SE., (Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi UKM), Romianus Maduwu,S.Pd.SD.,MM., (Kabid Kesatuan Bangsa Badan Kesbangpol), Doni Sius Luaha,SH., (Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi UKM); Murnihati Wau,SE., (Kabid Pengembangan Komptensi Aparatur BKD), dan Adventinus Zendrato,ST., (Kabid Peralatan Dinas PUPR).

Kemudian, Obedy Syukur Hulu,S.A.B.,M.AP., (Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR), Oriel Harapani Buulolo,S.Pd., (Sekretaris Kantor Camat Huruna), Bualaziso Halawa (Sekretaris Kantor Camat O’o’u), Sijulman Duha,S.Pd., (Sekretaris Kantor Camat Hibala), Alkhatib Dachi,MM., (Sekretaris Kantor Camat Maniamolo), Bezisokhi Telaumbanua,SP.,MM., (Sekretaris Kantor Camat Mazino), Sokhizatulo Laia (Sekretaris Kantor Camat Mazo), Amasanato Perdamaian Laowo (Kasi Tapem Kanto Camat Tanah Masa), Fauduwolo’o Laia (Sekretaris Kantor Camat Susua), dan Kepala UPTD SD Negeri 071116 Siwalawa Kecamatan Fanayama, Bungalan Sinurat,S.Pd.SD.

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., dalam arahannya mengatakan pelantikan itu merupakan suatu penyegaran dalam organisasi supaya pejabat-pejabat yang baru dilantik dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi dan setidaknya mampu mempertahankan kinerja yang baik sebagaimana telah dimulai oleh pejabat sebelumnya. “Saya mengharapkan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik supaya bekerjalah dengan profesional. Tugas-tugas yang kita lakukan adalah pelayanan kepada masyarakat. Buatlah inovasi-inovasi baru dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” harap Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha.

Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Bupati Nias Selatan Nomor : 05.3_10 Tahun 2020 tanggal 06 Januari 2020 tentang Pengangkatan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas dan Pemberian tugas tambahan sebagai Kepala UPTD Bidang Pendidikan serta Kepala UPTD Bidang Kesehatan, sebagaimana dibacakan Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Selatan, Olaniasita Duha,S.Kom. Turut dihadiri Ketua DPRD, Elisati Halawa,ST., Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Sekretaris Daerah, Ir. Ikhtiar Duha,MM., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian dan Rohaniawan serta keluarga para peserta pelantikan.

(timliputandinaskominfonisel)

Bupati Hilarius Duha Hadiri Acara Syukuran Pelantikan Wakil Ketua DPRD Nisel

NIAS SELATAN, Diskominfo – Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bersama Ketua DPRD Elisati Halawa,ST., menghadiri acara syukuran atas pelantikan Wakil Ketua DPRD Nias Selatan (Nisel) periode 2019-2020, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., di Halaman Desa Siwalawa, Kecamatan Fanayama, Minggu (05/01).

Juga turut hadir, Sekretaris Daerah Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha,MM., Anggota DPRD, Pegangan Dakhi,S.Pd., dan Eliunus Ndruru, Ketua DPD Partai Nasdem, Ir. Alfred Laia, Sekretaris DPRD, Firman Giawa,SH.,MH., Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Seksama Sarumaha,S.IP.,M.A., Kepala Dinas Pertanian, Ir. Norododo Sarumaha,MM., Camat Fanayama, Arifman Fatizanolo Wau,SS.,MM., dan para Kepala Desa, Ketua dan Anggota BPD, Rohaniawan, Tokoh Masyarakat serta tamu dan undangan.

Acara tersebut dilaksanakan sebagai rasa syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Daerah Pemilihan Satu (Dapil I) dimana selama proses demokrasi pada April 2019 dapat terselenggarakan dengan baik, sehingga salah satu putra terbaik dari Desa Siwalawa terpilih menjadi Anggota DPRD bahkan sebagai Wakil Ketua DPRD Nias Selatan.

Hal ini disampaikan Rezeki Sarumaha,S.IP., mewakili keluarga besar Fa’atulo Sarumaha saat menyampaikan kata pembukaan. Ia mengatakan bahwa sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan diawali dengan renungan dan doa bersama yang dipimpin oleh Pdt. Thomas Sarumaha,S.Th.

“Masyarakat Dapil I dan khususnya Uluhosi diantaranya Desa Siwalawa, Hilikara Maha, Siliwulawa dan Hilifarokha Lawa, sangat merasa bangga dan senang atas terpilihnya Fa’atulo Sarumaha sebagai Anggota sekaligus menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan,” ujar Yamoeraera Sarumaha selaku Penjabat Kepala Desa Hilikara Maha sekaligus mewakili unsur Tokoh melalui sambutannya.

Sebagai wujud rasa kebanggaan masyarakat Uluhosi atas terpilihnya Fa’atulo Sarumaha, Anggota DPRD dan juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan ditandai dengan pemberian penghargaan berupa seperangkat pakaian adat serta didaulat dengan nama kebesaran dalam adat “Amada Farokha Maniamolo” sebagaimana disebutkan mewakili tokoh adat dan tokoh masyarakat (Si’ulu/Si’ila), Amada Sondra’u Moyo alias Ama Kuaso Sarumaha, di Halaman Desa Siwalawa.

Selain itu, masyarakat Desa Siwalawa juga memberikan cenderamata kepada Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, Ketua DPRD, Elisati Halawa, dan Ketua DPD Partai Nasdem Kabuptaen Nias Selatan, Alfred Laia.

Hal ini diberikan oleh masyarakat untuk mengucapkan terima kasih kepada pimpinan daerah dimana selama ini ada banyak bentuk perhatian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Contohnya, pembangunan jalan antara Desa Siwalawa – Onohondro menuju Desa Hilinawalo Fau, Tahun Anggaran 2019, maupun pembangunan sarana dan prasana lainnya,” ujar Yamoeraera Sarumaha.

Dalam sambutan Faatulo Sarumaha, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa dari seluruh masyarakat, sehingga dirinya terpilih menjadi DPRD bahkan sebagai Wakil Ketua DPRD Nias Selatan periode 2019-2024.

“Bahkan hari ini merasa terharu dengan saya diberikan cenderamata dan gelar adat “Farokha Maniamolo”. Ini adalah hal yang luar biasa telah diberikan oleh masyarakat untuk saya ingat dan terbeban untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ucap Sarumaha.

“Mungkin pada proses domokrasi tanggal 17 April 2019 yang lalu ada perbedaan politik di antara kita, tetapi saat ini saya mau katakan perbedaan itu marilah kita akhiri. Dan marilah kita bergandengan tangan bersama pemerintah dibawa pimpinan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha untuk melanjutkan pembangunan di masa mendatang,” ungkap Fa’atulo Sarumaha.

Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa dan Ketua DPD Partai Nasdem, Alfred Laia, mengapresiasi soliditas masyarakat Desa Siwalawa bersama Desa lainnya yang telah memberikan dukungan kepada Fa’atulo Sarumaha, sehingg bisa terpilih menjadi Anggota DPRD sekaligus sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan.

“Saya secara pribadi bangga dengan Desa Siwalawa dimana selama lima periode sejak masih bergabung di Kabupaten Nias, putra dan putri terbaikdari Desa Siwalawa silih berganti menjadi Anggota Dewan. Mulai dari Fatilia Sarumaha, Hurezame Sarumaha, Agusdamai Sarumaha, Berkati Sarumaha, hingga Fa’atulo Sarumaha,” sebut Elisati Halawa.

Dalam sambutan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, mengucapkan terima kasih atas niat baik masyarakat dalam menentukan hak pilihnya pada April 2019 yang lalu. “Dengan niat baik itu, Pemerintah Daerah mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung Anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang yang berlaku,” harap Hilarius Duha.

Bupati Hilarius Duha mengatakan bahwa apapun pekerjaan yang kita lakukan bila dengan tulus dan ikhlas pasti hasilnya akan baik dan maksimal. “Oleh karena itu pada kesempatan ini saya mengharapkan Kepala Desa baru agar mempunyai komitmen yang baik untuk melanjutkan program yang telah dimulai oleh Penjabat Kepala Desa sebelumnya,” harap Hilarius Duha.

Untuk memaksimalkan pembangunan ke depan, Bupati juga mengharapkan koordinasi yang baik. “Serta segala kebutuhan masyatakat harus dibawa dalam musyawarah desa dan bila ada kendala dalam menjalankan tugas-tugas di Desa agar dimusyawarahkan dengan baik serta mengutamakan kepentingan masyarakat,” cetus Hilarius Duha.

Acara syukuran terpilihnya Wakil Ketua DPRD Nias Selatan (Nisel) periode 2019-2020, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., berjalan dengan baik, dimeriahkan dengan persembahan koor dan tarian maena massal. Dengan pembawa acara Walaupun Sarumaha,S.Pd.,M.A.,M.I.P.

(timliputandiskominfonisel)

Bupati Nias Selatan Lantik Pejabat Eselon III dan IV

NIAS SELATAN, Diskominfo – Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., melantik Pejabat Administrator setara Eselon III, Pejabat Pengawas setara Eselon IV dan Kepala UPTD Bidang Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, di Aula Kantor Bupati, Jalan Arah Sorake Km. 5 Telukdalam, Jumat (03/01).

Pejabat yang dilantik diantaranya, Darilius Laia,S.Pd (Camat Aramo); Fonazatulo Laia,S.Pd (Camat Boronadu); Apolonias Ndruru,S.Pd.SD (Camat Hilimegai); Foanoita Halawa,A.Md (Camat Hilisalawa’ahe); Ohiziduhu Telaumbanua,S.Pd.SD (Camat Idanotae); Alinudi Laia (Camat Lolomatua); Fotuho Laia (Camat Mazo); Onekhesi Halawa,S.Pd (Camat Onohazumba); Terima Laia,S.Pd.SD (Camat O’o’u) dan Kornelius Wau,S.Sos (Camat Pulau-Pulau Batu);

Berikutnya, Tawaonasokhi Ndruru,SKM (Camat Sidua’ori); Fatizamuala Telaumbanua,SH (Camat Somambawa); Fatisokhi Laia,S.Pd (Camat Susua); Baziduhu Halawa (Camat Ulunoyo); Endyka Triono Dachi,SH (Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan); Sozisokhi Laia,S.Sos (Sekretaris Dinas Pertanian); Rozama Ndruru,SST (Kabid Keamanan Pangan dan Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan); dan Dayahati Hulu,SH (Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Dukcapil);

Yan Prince Luther Frans Lucas Laoli,SP (Kabid Pemasaran Pariwisata Disbudparpora); Febriaman Sunday Tafonao,SH (Kabid Kelembagaan Masyarakat Dinas PMD); Relivan Ifadayazaro Dachi,ST (Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo); Firman Tuhan Duha (Kabid Perizinan Pembudidayaan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan); Ohezisokhi Hulu,S.Pd (Kabid Prasarana Dinas Perhubungan) dan Hosanna Yukita Duha,SH (Kabid Promosi Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan P2TSP).

“Pelantikan ini adalah hal yang biasa, tidak ada yang luar biasa. Jabatan juga adalah hal yang biasa, tidak ada yang luar biasa. Jabatan sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat apabila jabatan itu dilaksanakan dengan ikhlas dan pekerjaan itu merupakan konsekuensi dengan menerima gaji dari Negara,” Ujar Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha melalui arahannya saat pelantikan.

Bupati Hilarius Duha mengucapkan terima kasih atas pengabdian pejabat yang lama, dan kepada pejabat baru diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik, pertahankan kemampuan yang sudah ada itu dan bila perlu silakan tingkatkan kinerja dimana anda bekerja dan dimana anda ditugaskan, sehingga kehadiran kita dapat dirasakan oleh masyarakat.

Lebih lanjut, Hilarius Duha mengharapkan komitmen para pejabat yang dilantik misalnya sebagai Camat, Sekretaris dan Kabid harus mampu melaksanakan tugas, fungsi dan tanggungjawab di tempat kerjanya masing-masing.

“Terutama kepada Camat lakukan tugas dengan profesional dimana setelah dilantik rencanakan apa yang mau dilakukan, identifikasi apa masalah yang terjadi dan analisa misalnya mengapa daerah anda tidak maju. Memang tidak sekaligus mendapatkan hasilnya tetapi minimal step by step. Sedikit demi sedikit pasti ada perkembangan,” harap Hilarius Duha.

Acara pelantikan berjalan dengan baik dan penuh hikmat. Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa,ST, Wakil Ketua DPRD Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha,MM., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, dan Rohaniawan serta tamu dan undangan.

Kepala BKD Kabupaten Nias Selatan, Anarota Ndruru,SP., melalui Kepala Bidang Mutasi dan Promosi, Olan Duha,SE menjelaskan pelantikan itu dilaksanakan atas Keputusan Bupati Nias Selatan Nomor 05.3_03 Tahun 2020 tanggal 03 Januari 2020 Tentang Pengangkatan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas dan pemberian tugas tambahan sebagai Kepala UPTD Bidang Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

(timliputandiskominfonisel)

Pemkab Nias Selatan Gelar Open House

NIAS SELATAN, Diskominfo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan melaksanakan acara ramah tamah/open house dalam rangka menyambut tahun baru 2020, bertempat di Rumah Dinas Bupati, Jalan Pancasila No. 1 Telukdalam, Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (01/01).

Acara open house ini dihadiri oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., beserta Ny. Yustina Repi, Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha,MM., para Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah (KPD), Tokoh Masyarakat, Rohaniawan, LSM, Pers dan tamu serta undangan lainnya.

Sambutan mewakili tokoh masyarakat, Effendy mengajak seluruh elemen masyarakat untuk merenungkan segala catatan yang tidak baik agar ditinggalkan di tahun 2019. Diharapkannya agar pada tahun 2020 ini seluruh elemen masyarakat bersatu demi memajukan daerah Nias Selatan.Sementara itu dalam sambutan Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa,ST., dengan senada mengharapkan agar diawal tahun 2020 pemerintah daerah menciptakan suatu komitmen baru yaitu meningkatkan pelayanan terhadap publik. “Kedepannya agar pembaharuan dan penguatan komitmen pelayanan publik dapat ditingkatkan”, harap Elisati Halawa.

Bupati Nias Selatan mengajak seluruh hadirin untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan dimana kita bisa mengawali tahun 2020 tanpa sesuatu kekurangan apapun. “Oleh karenanya saya mengajak kita semua supaya segala bentuk pekerjaan pada tahun ini agar dilakukan dengan tulus dan ikhlas sehingga beban pikiran akan menjadi ringan,” ujar Hilarius Duha.

Selanjutnya, Hilarius Duha mengatakan bahwa pada Tahun 2019 telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya kegiatan Pilpres dan legislatif, Sail Nias serta Pilkades dapat terlaksana atas dukungan dan kerjasama kita semuanya.

“Untuk menghadapi tahun 2020, pembangunan Nias Selatan tentu ditinjau dari semua aspek, antara lain aspek sosial dan budayanya. Tanpa keberhasilan sumber daya manusia dan inovasi serta etika yang baik, semua pembangunan infrastruktur akan sia-sia, ucap Bupati Hilarius Duha.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Selatan mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak sehingga proses kegiatan pemerintah pada tahun 2019 dapat berjalan dengan baik dan kita harapkan pada tahun 2020 akan lebih baik supaya proses-proses perjalanan pembangunan bisa dinikmati semua masyarakat.

Mengahkhiri arahannya mengucapkan selamat Hari Natal 25 Desember 2019 dan selamat Tahun Baru 1 Januari 2020 semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi kita bersama dalam cita-cita untuk memajukan daerah Kabupaten Nias Selatan.

(timliputandiskominfonisel).

Bupati Nias Selatan Kembali Lantik 149 Kepala Desa Terpilih Gelombang Ketiga

NIAS SELATAN, Diskominfo – Setelah pelantikan Kepala Desa Terpilih gelombang pertama pada Tanggal 27 Desember 2019 dan gelombang kedua pada Tanggal 28 Desember 2019, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH., kembali melantik dan mengambil sumpah/janji Kepala Desa terpilih sebanyak 149 orang pada gelombang ketiga ini yang dilaksanakan di Hall Defnas Telukdalam, Senin (30/12).Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Kepala Desa terpilih ini didasari dengan Keputusan Bupati Nias Selatan Nomor 04.12_681 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Desa di Kabupaten Nias Selatan Periode 2019 – 2025 yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Albert Duha, SP., ketika menyampaikan laporanya. Sebanyak 12 Kecamatan yang ikut pelantikan kepala desa tersebut diantaranya Kecamatan Idanotae, Kecamatan Ulu Idanotae, Kecamatan Umbunasi, Kecamatan Boronadu, Kecamatan Susua, Kecamatan Mazo, kecamatan Ulususua, Kecamatan Lolowau, Kecamatan Hilimegai, Kecamatan Amandraya, Kecamatan O’ou, Kecamatan Hilisalawa Ahe. Seharusnya yang ikut pelantikan ini adalah sebanyak 150 Orang, namun telah meninggal dunia 1 Orang, sehingga jumlah yang dilantik menjadi 149 Orang, ungkap Albert. 

Setelah pengambilan sumpah/janji, dilanjutkan dengan penandatangan berita acara dan naskah pelantikan Kepala Desa terpilih oleh Bupati Nias Selatan. 4 orang perwakilan Kepala Desa diserta dengan Saksi-saksi, diteruskan dengan penyematan tanda pangkat dan jabatan kepada masing – masing 4 Orang perwakilan Kepala Desa tersebut.
Pada sambutan Wakil Ketua DPRD Nias Selatan Fa’atulo Sarumaha, S.IP., MM., yang mewakili Forkopimda menyampaikan apresiasi dan menyambut dengan baik pelantikan ini dengan harapan dapat mengemban tugas jabatan yang dipercayakan masyarakat dan membawa kearah yang lebih baik.

Bupati Nias Selatan dalam arahanya mengharapkan kepada para Kepala Desa agar dapat memimpin dalam menyelenggarakan Pemerintahan, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan masyarakat desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Tugas ini mengandung makna bahwa Kepala Desa bertanggung jawab kepada setiap aspek dalam masyarakat. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan sumpah dan janji yang telah di ucapkan membawa kesejahteraan masyarakat menuju kearah yang lebih baik.

Turut hadir Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru, Danlanal Nias Letkol Laut (P). Jan Lucky Boy Siburian, M.Tr.Hanla, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM., Wakapolres Nias Selatan Kompol M. Luther Dachi, S.Sos, Anggota DPRD, Staf Ahli, , Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Gayus Duha, S.Pd, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Danramil 12/Telukdalam Mayor Inf. Hatianus Zega, Rohaniawan dan para tamu dan udangan lainnya.

(timliputandiskominfo).

Lomba Pada Perayaan Natal Oikoumene Nias Selatan Tahun 2019

NIAS SELATAN, Diskominfo – Kegiatan perlombaan pada perayaan Natal Oikoumene Kabupaten Nias Selatan tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Bupati NIas Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH.,MH di Lapangan Orurusa Telukdalam, Sabtu (28/12).

Adapun jenis perlombaan yang diselenggarakan Panitia Natal Oikoumene antara lain : Lomba Vocal Solo dan Trio yang dilaksanakan pada Tanggal 28 Desember 2019 sementara Lomba Group Band Rohani pada Hari ini Minggu Tanggal 29 Desember 2019 juga telah terlaksana dengan baik. Semua perlombaan tersebut di pusatkan di Lapangan Orurusa, sedangkan Lomba Paduan Suara antar Kecamatan Se-Kabupaten Nias Selatan diadakan pada Tanggal 5-6 Januari 2020. Hal ini disampaikan Ketua Umum Panitia Natal Oikoumene, Aferili Harita, SE.,MA.

“Pada perlombaan ini saya harapkan bukanlah mengejar juara semata tetapi bagaimana kita memberikan penampilan bahwa hidup kita milik Tuhan”, harap Bupati Nias Selatan dalam arahannya.

(timliputandiskominfokabnisel).

154 Kepala Desa Terpilih Ikuti Pengambilan Sumpah/Janji Pada Gelombang Kedua

NIAS SELATAN, Diskominfo – Setelah pelantikan Kepala Desa sebanyak 149 orang pada gelombang pertama pada tanggal 27 Desember 2019, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., kembali melantik dan mengambil sumpah/janji Kepala Desa terpilih sebanyak 154 orang pada gelombang kedua yang dilaksanakan di Defnas Hall, Jalan Pramuka Telukdalam, Sabtu (28/12).

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Kepala Desa terpilih ini didasari dengan Keputusan Bupati Nias Selatan Nomor 04.12_681 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Desa di Kabupaten Nias Selatan Periode 2019 – 2025 sebagaimana dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Albert Duha,SP.

Setelah pengambilan sumpah/janji, dilanjutkan dengan penandatangan berita acara dan naskah pelantikan Kepala Desa terpilih di Kabupaten Nias Selatan tahun 2019 oleh Bupati Nias Selatan dan empat orang perwakilan Kepala Desa serta saksi-saksi, yaitu perwakilan rohaniawan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Gayus Duha,S.Pd., dan Kepala Dinas PMD. Diteruskan dengan penyematan tanda pangkat dan jabatan kepada empat orang perwakilan Kepala Desa oleh Bupati Nias Selatan.

Dalam sambutan Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Elisati Halawa,ST., mewakili Forkopimda meyampaikan tiga hal kepada para Kepala Desa, yaitu : pertama, patuh kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku; kedua, setia pada kepentingan seluruh rakyat desa, dan ketiga, membangun manajemen kepemerintahan desa yang transparan.

Dalam arahan Bupati Nias Selatan mengharapkan kepada para Kepala Desa agar melakukan hal terbaik dan bermanfaat untuk masyarakat desa, mampu memberikan perubahan menuju kemandirian desa serta mematuhi aturan-aturan yang berlaku.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, M.Tr.Hanla., Wakapolres Nias Selatan Kompol M. Luther Dachi,S.Sos., Anggota DPRD, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Danramil 12/Telukdalam Mayor Inf. Hatianus Zega, Rohaniawan dan para tamu dan udangan lainnya.

(timliputandiskominfonisel).

Bupati Nias Selatan Lantik 149 Kepala Desa Untuk Gelombang Pertama

NIAS SELATAN, Diskominfo – Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., melantik 149 Kepala Desa yang defenitif untuk Gelombang I (Pertama), berlangsung di Defnas Hall, Jalan Pramuka Telukdalam, Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (27/12). Pelantikan ini merupakan tindaklanjut setelah terlaksana proses demokrasi pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Nias Selatan pada November 2019 lalu.

Pelantikan itu diawali dengan pembacaan Keputusan Bupati Nias Selatan Nomor 04.12_659 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Desa Di Kabupaten Nias Selatan Periode 2019 – 2025 oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Alber Duha,SP. Selanjutnya, Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha memimpin pengambilan sumpah/janji para Kepala Desa dan didampingi rohaniawan.

Seusai pengambilan sumpah/janji diteruskan dengan penandatanganan Berita Acara pelantikan oleh Bupati Nias Selatan dan empat orang mewakili Kepala Desa yaitu Hekinus Maduwu,S.Sos., Kepala Desa Hilisataro Raya Kecamatan Toma; Petrus Hondro,S.Pd., Kepala Desa Bawonahono Kecamatan Fanayama; Ukiran Zamili,S.Pd.SD., Kepala Desa Hilizalo’otano Kecamatan Mazino; dan Peribadi Laia,S.Pd., Kepala Desa Orahili Balaekha Kecamatan Lahusa.

Dalam arahan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, mengharapkan para Kepala Desa yang telah mendapatkan kepecayaan dari masyarakat harus mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagaimana diamanatkan Undang-Undang dimana Desa memiliki posisi dan kewenangan yang sangat strategis dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Dengan posisi dan kewenangan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membawa perubahan dalam perekonomian serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga Desa yang dipimpin Saudara (Kepala Desa) kedepan bisa mandiri untuk mengelola Desanya masing-masing. Dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Desa diharapkan mampu menjalin kerjasama dengan semua pihak meliputi masyarakat, BPD dan Apara Desa serta stakeholder lainnya,” harap Bupati Nias Selatan.

Sementara itu, Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa,ST., melalui sambutannya juga mengharapkan kepada seluruh Kepala Desa yang telah dilantik agar mampu melaksanakan tugas sesuai dengan sumpah/janji yang telah diucapkan. “Dalam memajukan Desa kedepan perlu soliditas dan kerjasama antara Kepala Desa dengan Aparat Desa, termasuk instansi lainnya,” ujar Elisati Halawa.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru, Ketua DPRD Elisati Halawa, Danlanal Nias, Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Wakapolres Nias Selatan, Kompol Martin Luther Dachi,S.Sos., mewakili Dandim 0213/Nias Danramil 12/Telukdalam, Mayor Inf. Hatianus Zega, Anggota DPRD, Kepala OPD, Camat, serta tamu dan undangan lainnya.

Pelantikan Kepala Desa di Nias Selatan dibagi dalam tiga gelombang, yaitu Gelombang Pertama sebanyak 149 dari 11 (sebelas) Kecamatan yaitu Telukdalam, Maniamolo, Luahagundre Maniamolo, Lahusa, Somambawa, Gomo, Fanayama, Toma, Onolalu, Mazino dan Somambawa dilaksanakan tanggal 27 Desember 2019.

Berikutnya Gelombang Kedua sebanyak 145 Desa dari 12 Kecamatan tanggal 28 Desember 2019 dan Gelombang Ketiga sebanyak 140 Desa dari 12 Kecamatan tanggal 30 Desember 2019. Demikian informasi yang diperoleh Tim Liputan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bidang Administrasi, Aparatur dan Kerja Sama Desa, Ronaldin Fau,SH.

Dalam pantauan di lapangan, masyarakat begitu antusias mengikuti acara pelantikan sebagai salah satu kegembiraan untuk menyambut pemimpin baru di Desanya masing-masing. Acara pelantikan tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar oleh karena dukungan dan kerjasama dari semua pihak.

(timliputandiskominfonisel)

BPP PKN Perwakilan Nias Selatan Audensi kepada Bupati Nias Selatan

Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP PKN) Perwakilan Nias Selatan melakukan audensi kepada Bupati Nias Selatan yang didampingi oleh DANLANAL Nias dan Kapolres Nias Selatan.

Pada audensi ini diawali dengan laporan pemberitahuan perihal telah dibentuknya perwakilan BPP PKN di Kabupaten Nias yang dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan tentang Pembentukan BPP PKN Perwakilan Nias Selatan kepada Bupati Nias Selatan, DANLANAL Nias dan Kapolres Nias Selatan. Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH menyambut baik telah terbentuknya BPP PKN Perwakilan Nias Selatan.

Sejalan dengan itu, diharapkan bahwa seluruh tim panitia harus KOMPAK, mengesampingkan ego sektoral, menjalin komunikasi dan kerja sama dengan tokoh kepulauan Nias yang ada di pusat dan provinsi dan daerah, bersinergi dengan pemerintah Kab/Kota, provinsi dan pusat Adapun BPP PKN Perwakilan Nias Selatan yang melakukan audensi terdiri dari Sidi Adil Harita, S.Sos (Ketua), Pdt. Dr. Foluaha Bidaya (Wakil Ketua), P. Aleksius Telaumbanua, OFMCap (Wakil Ketua), Nurhayati Telaumbanua, S.Pd., MM (Wakil Ketua), Drs. Samolala Lase (Sekretaris), Arfanao Zamili, SKM., M.Kes (Wakil Sekretaris), Intan Sani Haria, SKM., MM (Wakil Sekretaris), Dian Komalasari, ST (Bendahara), Deri Dohude, S.Ag., MM (Koord Bidang Komunikasi, Informasi, Dokumentasi dan Publikasi).

 

 

Peringatan HKN Ke-55 Tahun 2019 Kabupaten Nias Selatan

NIAS SELATAN, Diskominfo – Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru hadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Acara peringatan HKN diselenggarkan langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan yang dipimpin oleh dr.Henny K.Duha, M.M di halaman kantor Dinas Kesehatan Jumat(20/12).

Peringatan ini bertema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”, dimana dengan semangat HKN yang ke-55 ini dapat meningkatkan kualitas SDM yang lebih sehat, produktif, mandiri dan unggul serta meningkatkan mutu standar pelayanan bidang kesehatan di Kabupaten Nias Selatan.

Peringatan HKN ke 55 ini bertujuan sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen Bangsa, Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, Swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Terkhusus juga masyarakat dapat lebih mengerti arti pentingnya perilaku sehat dan lingkungan sehat serta melakukan gerakan hidup sehat baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan Fasilitas Lainnya, ucap ketua panitia dalam laporan acara tersebut.

“Agar dapat meningkatkan standar pelayanan dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang serius, seperti Stunting (gizi kurang baik yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada anak maupun generasi muda), maka diperlukan sikap sadar pentingnya kesehatan, SDM yang  Unggul dan bermanfaat untuk seluruh masyarakat serta  menjadikam asas sosialisasi pada setiap kegiatan yang akan dilakukan “, Sambut Wakil Bupati Kabupaten Nias Selatan, Sozanolo Ndruru.

Sozanolo Ndruru berharap peningkatan standar pelayanan kesehatan ini dapat benar-benar terwujud, dengan adanya proaktif dari mulai tingkat Dinas sampai tingkat Desa terutama untuk melihat kondisi kesehatan masyarakat di daerah tertinggal yang masih membutuhkan pelayanan dan perhatian kesehatan di wilayah tempat dimana masing-masing pelayan/pelaku kesehatan bertugas, agar lebih memperhatikan permasalahan kekurangan gizi, protein dan pelayanan kesehatan. Dan berharap memberikan pemahaman untuk berperilaku hidup sehat sehingga menjadikan generasi muda/anak-anak dapat hidup sehat, unggul, produktif, Inovatif dan berkarya.

Kejari Kabupaten Nias Selatan diwakili Datun Kejari, Dona Martinus, SH. mengajak seluruh komponen untuk mendukung program-program Pemerintah yang menjadikan masyarakat sehat jasmani dan rohani dengan pedoman lebih baik mencegah daripada mengobati.

Turut hadir Danlanal diwakili Jenita Vera Barus, Kapolres diwakili Kasat Binmas IPTU P. Silalahi, SH., Danramil 0213 Telukdalam diwakili Mayor Inf. Hatianus Zega, Pimpinan BPJS Telukdalam, Wahana Visi Indonesia diwakili Koordinator Program Kesehatan, Juni Arman Hulu, pimpinan/perwakilan Bank SUMUT/BRI/BNI, Asisten, Kepala OPD, Kepala Puskesmas dan Teman Sejawat Profesi Kesehatan Se Kabupaten Nias Selatan serta tamu undangan lainnya.

(timliputandiskominfonisel)