BPKP Perwakilan Provsu Laksanakan Maturitas SPIP di Nias Selatan

7 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melaksanakan Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Rabu (14/11), bertempat di Aula Kantor Bupati, Jalan Arah Sorake Km. 5 Telukdalam. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Inspektorat Kabupaten Nias Selatan.


Tim dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, diantaranya: Devan Febriawan selaku Ketua Tim dan M. Arief Bukhari Saraan selaku Anggota Tim, melaksanakan Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dengan menggunakan sample dari sebelas Perangkat Daerah yaitu Sekretariat Dearah (Bagian Hukum dan Bagian Organisasi), Bappeda, BKD, BPKPAD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Dinas Penanaman Modal, Perizinanan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pertanian dan Dinas Kominfo Kabupaten Nias Selatan.

Penilaian Maturitas tersebut dilakukan dalam upaya pemenuhan Maturitas Penyelenggaraan SPIP yang memadai dimana dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 telah dicanangkan dan ditargetkan untuk mencapai level 3 (tiga). Selain itu, juga untuk memenuhi Surat Edaran Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Nomor: SE-26/D3/2/2018 tanggal 8 Januari 2018 tentang Strategi Peningkatan Maturitas SPIP Level 3 (tiga) Tahun 2018.
Pelaksanaan ini mempedomani Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Peraturan Bupati Nias Selatan Nomor 9 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Sistem Intern Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

(timliputandiskominfonisel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *