Bupati Nias Selatan Harapkan Manfaat Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

2 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., mengharapkan agar pemanfaatan Dana Desa betul-betul tepat sasaran dan menjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Bupati Nias Selatan melalui arahanya kepada para Penjabat Kepala Desa pada saat menghadiri pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) Tahun 2018, Rabu (14/11), di Balai Persekutuan BKPN Jemaat Telukdalam, Jalan Baru Kelurahan Pasar Telukdalam, Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara.


“Jadi, program inovasi Desa itu perlu digalangkan untuk memikirkan dan melakukan terobosan baru tentang hal apa yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Sebaiknya, melalui pelaksanaan pembangunan diharapkan pembiayaan kecil tetapi manfaatnya besar, jangan sebaliknya pembiayaan besar tetapi manfaatnya kecil. Itu bukan inovasi untuk mensejahterakan masyarakat, justru melakukan penghamburan anggaran dan pembangunan yang tidak tepat sasaran,” tandas Bupati Hilarius Duha.
Beliau memberi contoh yang sederhana yaitu pembangunan parit, memang fungsinya adalah saluran air namun juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat pemeliharaan ikan lele atau sejenisnya, maupun potensi lainnya yang dapat menghasilkan nilai ekonomi sehingga menjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga diharapkannya agar setiap Penjabat Kepala Desa mampu memikirkan bagaimana membangun sebuah Desa dan bagaimana supaya Dana Desa itu betul-betul bermanfaat.

Bupati Nias Selatan menyatakan akan memberi pujian bagi Kepala Desa yang betul-betul melaksanakan Dana Desa dengan benar dan tepat sasaran serta hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat.
Selain itu, Bupati juga mengingatkan para Penjabat Kepala Desa untuk memiliki budaya malu, bila suatu kelak berhadapan dengan hukum. “Jadi budayakanlah budaya malu dengan keluarga, anak dan cucu-cucu kita bila suatu kelak berhadapan dengan proses hukum. Ingat, pada saat saudara diangkat menjadi Penjabat Kepala Desa, tidak ada uang sepeser pun. Maka, saya harapkan jangan rusak pekerjaan saudara, laksanakan tugas anda dengan benar dan berikan jasa yang baik selama anda menjabat sebagai Kepala Desa. Sehingga kelak ketika saudara lepas sebagai Kepala Desa pasti akan diingat oleh masyarakat,” ujar Bupati Hilarius Duha.


Melalui laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Nias Selatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Pedesaan (PUEP), Aronaoto Amazihono,S.ST., menyampaikan tujuan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa itu adalah sebagai ajang pertukaran informasi antara Desa sekaligus menyampaikan komitmennya dalam hal pelaksanaan pembangunan Desa, baik di bidang infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia, dan peningkatan ekonomi desa dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di Desanya masing-masing.


Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Nias Selatan dibuka secara resmi oleh Bupati Hilarius Duha dan dihadiri unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Sementara peserta Bursa Inovasi Desa itu terdiri dari para Camat, Penjabat Kepala Desa, Ketua BPD dan unsur Tokoh dari masing-masing Desa se-Kabupaten Nias Selatan serta tamu dan undangan. Acara itu diwarnai dengan atraksi budaya pemberian sekapur sirih sebagai penghargaan kepada tamu terhormat sekaligus sebagai kearifan lokal.

 (timliputandiskominfonisel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *