Kepulauan Nias Sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Sail Tahun 2019

5 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – Untuk menyongsong pelaksanaan Sail Indonesia Tahun 2019, para Kepala Daerah se-Kepulauan Nias dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (RI) serta Kementerian terkait lainnya melaksanakan rapat bersama, di Aula Pendopo Bupati Nias Selatan, Jalan Pancasila No. 1 Telukdalam, Senin (19/11).

Pelaksanaan Sail Indonesia Tahun 2019 akan dipusatkan di Kepulauan Nias sekaligus sebagai tuan rumah. Hal ini disampaikan Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Bahari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Kosmas Harefa.

Dalam pemaparan narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Asrul,S.Pi., menjelaskan tujuan pelaksanaan Sail tersebut adalah sebagai salah satu upaya percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil. Kemudian menggalang keterpaduan, sinergi program dan anggaran listas Kementerian/Lembaga dan Daerah dalam rangka pelaksanaan pembangunan serta mewujudkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.

Selain itu, tujuan lainnya adalah mempromosikan lokasi kegiatan sebagai tujuan wisata nasional dan internasional, serta mengukuhkan kembali kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di Negara Kepulauan, dan mengembangkan rute pelayaran kapal-kapal ke perairan Indonesia, kata Asrul,S.Pi., selaku narasumber yang mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Selanjutnya, ia menjelaskan beberapa fase kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Sail itu meliputi rangkaian persiapan kegiatan, dan pelaksanaan pembangunan di berbagai sektor termasuk sosialisasi kepada masyarakat untuk menyambut Sail tersebut.

Sementara kegiatan puncaknya mencakup antara lain seremonial, gelar budaya, pameran, bhakti sosial dan pelayanan kesehatan, atraksi kelautan dan peresmian beberapa pelaksanaan pembangunan. Kemudian kegiatan pasca Sail adalah melakukan keberlanjutan pembangunan, dan menikmati pembangunan itu secara optimal. Demikian paparan Asrul,S.Pi., sembari mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan Sail akan dilakukan beberapa pertemuan dan pengecekan lokasi oleh Kementerian dan Lembaga terkait untuk mengecek persiapan.

Kosmas Harefa menyebutkan rencana pelaksanaan Sail tersebut pada awal Desember 2019 dan direncanakan akan dihadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesia. Sehingga diharapkan kegiatan Sail tersebut harus dipersiapkan dengan baik, karena setiap perkembangan atas capaian kegiatan akan dilaporkan kepada Bapak Menteri Koordinator Bidang Kemaritaman dan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia.

Dalam rangka menyongsong pelaksanaan Sail Indonesia Tahun 2019, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Bapak Presiden Republik Indonesia atas kepercayaan terhadap Kepulauan Nias sebagai tempat pelaksanaan Sail Tahun 2019. Bupati Nias Selatan dalam sambutannya menyatakan siap menyukseskan kegiatan Sail Tahun 2019 dan akan bekerjasama dengan Bupati dan Wali Kota se-Kepulauan Nias.

Selanjutnya sambutan Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely,S.Pd.,M.A., yang juga sebagai Koordinator Forkada se-Kepulauan Nias menyatakan siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Sail Tahun 2019. Pihaknya mengajak para Kepala Daerah lainnya untuk saling kerjasama dalam mempersiapkan beberapa agenda besar Kepulauan Nias agar semuanya bisa berjalan dengan baik. “Ada tiga agenda besar Kepulauan Nias ke depan meliputi pelaksanaan Sail Indonesia Tahun 2019 sebagai program Nasional, Ya’ahowu Nias Festival Tahun 2019 yang akan dipusatkan di Kabupaten Nias Barat dan event Surfing Contest yang akan dilaksanakan di Kabupaten Nias Selatan,” sebut Koordinator Forkada se-Kepulauan Nias.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Sidi Adil Harita,S.Sos.,M.A., menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini di antara para Kepala Daerah se-Kepulauan Nias. Sehingga Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan tidak meragukan keberhasilan pelaksanaan Sail Indonesia Tahun 2019 termasuk agenda lain yang akan dilaksanakan di Kepulauan Nias. Hal ini dikarenakan semua Bupati dan Wali Kota se-Kepulauan Nias serta stakeholder lainnya mampu bekerjasama dengan tujuan untuk mempertahankan nama baik masyarakat Kepulauan Nias, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat simultan dan berkelanjutan.

Rapat tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI dan dihadiri Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Bahari Kosmas Harefa sekaligus sebagai moderator, Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Maritim Gunardi Kusumah, Kepala Bidang Seni dan Budaya Maritim Sartin Hia, mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan Asrul,S.Pi., mewakili Kementerian Komunikasi dan Informatika Ignatius Untung S., Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., Bupati Nias Barat Faduhusi Daely,S.Pd.,M.A., sekaligus sebagai Koordinator Forkada se-Kepulauan Nias Selatan, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Dian Poernomo Sidhi,M.Tr.Hanla., dan mewakili pemeritah Provinsi Sumatera Utara dari Dinas Kelautan dan Perikanan David Nikolas,S.Pi.,MMA., serta instansi terkait dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias.

(timliputandiskominfonisel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *