Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan Ke-16 Tahun 2019 Meriah

0 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – Pemerintah Kabupaten Nias Selatan bersama masyarakat melaksanakan upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan ke-16 Tahun 2019, di Lapangan Orurusa Telukdalam, Senin (29/07). Dengan inspektur upacara Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., dan komandan upacara Abdiel Sonasa Amazihono,SSTP.,M.Ec.Dev. Kegiatan tersebut terlaksana dengan baik, sukses dan meriah.

Upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru, Ketua DPRD Sidi Adil Harita,S.Sos.,M.A., Forkopimda, Pengurus BPP Bamuspernis, Plt. Sekretaris Daerah Ir. Ikhtiar Duha,MM., Ketua Tim Penggarak PKK Ny. Yustina Hilarius Duha dan Wakil Ketua Tim Penggarak PKK Ny. Megawati Sozanolo Ndruru, Staf Ahli Bupati, Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.Selain itu, juga turut dihadiri Bupati Nias Barat, Faduhusi Daeli,S.Pd., sekaligus sebagai Koordinator Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias, Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu,SH.,MH., Anggota DPRD, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Nias Selatan dan Kepala Instansi Fertikal, LSM, Pers serta tamu dan undangan lainnya.Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan ke-16 Tahun 2019 diawali dengan rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nias Selatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Sidi Adil Harita, di gedung Dewan, Jalan Saonigeho Km. 3 Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Seusai rapat paripurna di gedung DPRD dilanjutkan dengan upacara di lapangan Orurusa Telukdalam yang ditandai dengan penyerahan Bendera Lambang Daerah Kabupaten Nias Selatan oleh Tim Pasukan pembawa bendera kepada Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, selaku Inspektur upacara.Dalam amanat Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, menyampaikan dasar terbentuknya Kabupaten Nias Selatan adalah Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hasundutan di Provinsi Sumateran Utara yang diresmikan pada tanggal 28 Juli 2003.“Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan pada hari ini merupakan ucapan syukur kita kepada Tuhan Yang Masa Kuasa, sekaligus meningkatkan rasa cinta dan semangat juang serta memperkokoh persatuan dan kesatuan demi cita-cita luhur sesuai tema: “Bangun Kerjasama dan Kompetisi Kerja menuju Nias Selatan Semakin Sukses”, ujar Hilarius Duha.

Melalui peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan itu, Bupati Nias Selatan menyampaikan kepada peserta upacara dan masyarakat bahwa pada bulan September 2019 mendatang akan diselenggarakan Sail Nias 2019 di Kepulauan Nias, dan Kabupaten Nias Selatan sebagai tuan rumah. Sehingga diharapkannya kegiatan Sail Nias ini akan menjadi batu loncatan dalam meningkatkan level kepariwisataan untuk memicu peningkatan kunjungan wisatawan Nusantara dan Manca Negara di Kepulauan Nias dan khususnya di Kabupaten Nias Selatan.

Hilarius Duha menyatakan kegiatan tersebut sebagai suatu anugerah dan berkat yang luar biasa bagi masyarakat kepulauan Nias, dan khususnya Kabupaten Nias Selatan. Karena pelaksanaan Sail Nias tersebut sebagai salah satu event nasional bahkan internasional yang didukung penuh oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Oleh karena itu, Bupati Nias Selatan mengajak seluruh elemen, baik pemerintah maupun masyarakat untuk bersama-sama mendukung Sail Nias dengan memaksimalkan potensi-potensi wisata yang diintegrasikan dengan pengembangan sarana prasarana wisata, akomodasi dan atraksi wisata demi terwujudnya “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”.

Mengakhiri amanat itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Bupati Hilarius Duha mengucapkan “ Selamat Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan ke-16 Tahun 2019”. Dalam memeriahkan acara tersebut ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun Kabupaten Nias Selatan ke-16 Tahun 2019 oleh Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, bersama Wakil Bupati Sozanolo Ndruru, kemudian dibagikan kepada tamu dan undangan.

(timliputandiskominfonisel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *