Tim Terpadu Gelar Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan Menjelang Sail Nias 2019

0 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan menggelar simulasi penanggulangan krisis Kesehatan menjelang Pelaksanaan Sail Nias 2019 yang dipusatkan di Pelabuhan Lama Teluk Dalam, Kamis (5/9).

Diawali dengan Upacara, bertindak sebagai Inspektur Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH., dan Komandan Upacara dipimpin oleh Letda Albertus Heru Asmoro. Dalam arahanya, Bupati menyampaikan agar pelaksanaan simulasi ini nantinya benar – benar semua dilaksanakan dengan baik dengan tidak terlalu banyak yang dilewatkan oleh peserta simulasi. Karena ini merupakan keadaan yang akan di hadapi oleh tim yang melakukan simulasi pada hari ini. Beliau pada kesempatan ini juga menyampaikan terimakasih kepada Tim Pusat Krisis Kesehatan kementerian Kesehatan RI atas terlaksananya simulasi ini. “Karena ini akan kita hadapi, dan seolah – olah kita sedang menghadapi kenyataan, sesuatu kita bisa kita antisipasi apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukannya, dan kepada siapa koordinasi”, ucap Bupati.

Selanjutnya, Hilarius Duha menyebutkan bahwa Ia sering menyampaikan tidak mungkin bekerja secara perorangan, harus semua insan harus bisa bekerja sama, masing – masing bekerja sama, bisa membangun komunikasi sehingga interaksi antara bidang bisa terlaksana, dengan tujuan semoga dapat memaksimalkan, mengoptimalkan semua pekerjaan yang kita hadapi. Beliau menghimbau agar simulasi ini diikuti dengan baik, sehingga menjadi acuan dalam melaksanakan tugas kedepan.

Pada kegiatan simulasi itu, diperagakan berbagai kejadian seperti ; salah seorang tamu yang kejang – kejang dan mimisan, atau warga yang ada pada acara tertusuk pisau, jatuh di laut dan terluka saat melakukan Lompat Batu. Petugas medis memperagakan cara menangani pasien tersebut oleh tim kesehatan yang sudah dibagi – bagi tugasnya. Adapun Tim Gabungan Penanggulangan Krisis Kesehatan yang melaksanakan simulasi ini terdiri dari TNI – AL, TNI-AD, BPBD Nisel, Dinkes Nias Selatan dan Kemenkes RI.

Turut hadir Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru, Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita, S.Sos,MA., Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, S. I. K, Danlanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Kepala Bidang Krisis Kesehatan Kemenkes, Agus Hendroyono, SKM, MA., Mewakili Danramil Teluk Dalam Serma Haryadi, Kadis Kesehatan Nias Selatan Megawati You, SKM.,MPH., Kepala BPBD Nias Selatan Ampuni Dakhi dan sejumlah rombangan dari Kemenkes RI, serta Peserta Simulasi dari beberapa UPTD Puskesmas Nias Selatan.

(timliputandiskominfonisel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *