Festival Budaya Kepulauan Batu

0 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – Atraksi kebudayaan yang ditampilkan pada festival budaya Kepulauan Batu merupakan rangkaian kegiatan akhir dari Sail Nias 2019 dilaksanakan di Lapangan Bola Kaki Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan, (17/9).Kesembilan atraksi budaya yang ditampilkan yakni, Tome Nitema (Manaho, Mame Afo, Tari Perang dan Maluaya), Tari Salapan, Miti-miti, Fonandia, Famoro Sagu, Maluaya dan Famanu-manu serta Fondau Lumo-lumo. Atraksi tersebut turut disaksikan oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH, Ketua DPRD Sidi Adil Harita, S.Sos.,MA, Danlanan Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, M.Tr.Hanla, Dandim 0213/Nias Letkol Inf. T.P. Lobuan Simbolon, Wakil Ketua DPRD Yohana Duha, para pejabat Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Ketua TP-PKK Nias Selatan Yustina Repi, Kapolsek Pulau-Pulau Batu AKP Marojak Sihaloho, Rohaniawan, Tokoh masyarakat dan warga Kepulauan Batu.

Acara Festival ini dibuka secara resmi yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Nias Selatan dan didamping Forkopimda, Rohaniawan serta disaksikan juga para wisatawan manca negara.Camat Pulau-Pulau Batu Tukari Bawaulu, A.Ma.Pd selaku Ketua Panitia menyampaikan Festival Budaya Kepulauan Batu merupakan rangkaian kegiatan penyelenggaraan Sail Nias 2019 yang bertujuan untuk mempromosikan kearifan lokal Kepulauan Batu untuk peningkatan dan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan pariwisata di Kepulauan Batu.

Pada sambutan Bupati Nias Selatan mengharapkan pelaksanaan Sail Nias 2019 yang dirangkaikan dengan pesta budaya dan kejuaraan surfing internasional yang akan menjadi industri parawisata yang akan dikembangkan terus-menerus dan suatu momen gerak laju ekonomi masyarakat. Nias Selatan memiliki daya tarik bahari dan adat istiadat yang dilestarikan serta menjadi masyarakat yang menghargai para wisatawan sehingga para pengunjung merasa senang untuk kembali berkunjung didaerah wisata.

“Festival Kepulauan Batu merupakan awal pelaksanaan kegiatan tahunan kita, melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan dan disarankan juga di Kementerian Pariwisata, RI agar kedepannya diprogramkan pelaksanaan kegiatan pesta budaya Nias Selatan”, ujar Hilarius Duha.

(timliputandiskominfokabnisel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *