DPRD Nias Selatan Periode 2019-2024 Ucapkan Sumpah/Janji Dengan Resmi

0 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – 35 Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Masa Jabatan 2019-2024, mengucapkan sumpah/janji dengan resmi dalam rapat paripurna yang dilaksanakan di ruang sidang DPRD Kabupaten Nias Selatan, Jalan Saonigeho Km. 3 Teluk Dalam, Senin (30/09/2019).

Pengambilan sumpah/janji Anggota DPRD tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara, penyematan Pin dan penyerahan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/572/Kpts/2019 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan Masa Jabatan 2014-2019 dan Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan Masa Jabatan 2019-2024 kepada masing-masing Anggota DPRD oleh Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Mery Donna Tiur Pasaribu,SH.,MH.

Rapat paripurna ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Nias Selatan, Sidi Adil Harita,S.Sos.,MA., didampingi Wakil Ketua DPRD, Yohana Duha dan Elisati Halawa,ST. Serta dihadiri Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., Wakil Bupati, Sozanolo Ndruru, Kapolres AKPB I Gede Nakti Widhiarta,S.I.K., dan Kajari yang diwakili Kasi Intel, Satria D. Putra Zebua,SH., dan Komandan Kodim 0213/Nias Letkol Inf. TP. Lobuan Simbolon serta Danlanal Nias, Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian,M.Tr.Hanla.

Juga turut hadir Anggota DPRD Nias Selatan Masa Jabatan 2014-2019, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan Partai Politik, Plt. Sekretaris Daerah, Ir. Ikhtiar Duha,MM., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Kepala Bagian dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, LSM, Pers serta tamu dan undangan lainnya.

Sebelum pengambilan sumpah/janji, Sekretaris DPRD, Firman Giawa,SH.,MH., membacarakan daftar nama-nama Anggota DPRD Nias Selatan Masa Jabatan 2019-2024 sebagai berikut : Yustina Repi Nurtiza Dakhi, Elisati Halawa,ST., Ferisman Ndruru,SE., Samahato Buulolo (PDIP); Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Pegangan Dakhi,S.Pd., Sokhiwanolo Waruwu, Eli Yunus Ndruru,Am.Kep., Efendi Ndruru (NASDEM); Aldika Wau,SH., Agustana Ndruru, Sozanolo Ndruru, Suarmanto Laia,S.Kom.,MM., (Golkar); Purim Putri J. Dachi,SH., Aris Agustus Dachi, Alternatif Bago, Wajokhi Famaugu,S.Pd., (BERKARYA).

Berikutnya, Biv. Tinanda Limbong,S.Pd.K., Nibezaro Halawa,ST., Kristian Laia,S.Kep.Ns., Luluzatulo Sarumaha (DEMOKRAT); Memoris Fau,SH., Tongoni Tafonao,BA., Arman Laia (PERINDO); Restuman Ndruru,S.Pd., Juniardin Tafonao,S.Pd., Meliakhi Sarumaha (GARUDA); Asazatulo Giawa, Fa’ahakhododo Gulo,SE (GERINDRA); Sifaoita Bu’ulolo,ST., Wati Loi (PAN); Jon Ken Li Laia (PKB); Ir. Budirahman Maduwu (PKPI); dan Nurlim Loi (PSI).

Seusai pengambilan sumpah/janji 35 Anggota DPRD Nias Selatan, dilanjutkan dengan penyerahan palu dari Pimpinan DPRD Masa Jabatan 2014-2019, Sidi Adil Harita kepada Pimpinan sementara DPRD Kabupaten Nias Selatan, Elisati Halawa,ST (PDIP) selaku Ketua dan Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM (NASDEM) selaku Wakil Ketua.

Kedua pimpinan sementara itu akan diusulkan kepada Gubernur Sumatera Utara untuk mendapatkan pengesahan menjadi pimpinan defenitif DPRD Kabupaten Nias Selatan Masa Jabatan 2019-2024 termasuk Agustana Ndruru dari Partai GOLKAR. Hal ini didasari perolehan jumlah kursi terbanyak, juga didasari dengan rekomendasi Partai masing-masing yang merekomedasikan yang bersangkutan untuk menduduki Jabatan Pimpinan DPRD Masa Jabatan 2019-2024 sebagaimana dibacakan oleh Sekretaris DPRD, Firman Giawa,SH.,MH.

Elisati Halawa selaku Ketua Sementara DPRD Kabupaten Nias Selatan mengawali sambutannya dengan mengucapkan: Merdeka! Merdeka! Merdeka! Lalu disambut baik oleh tamu dan undangan dengan membalas ucapan yang sama dan tepuk tangan meriah. Elisati Halawa dalam sambutanya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 sehingga bisa berjalan dengan baik.

“Kami pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Kabupaten Nias Selatan yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 sehingga berlangsung sesuai dengan harapan kita semua. Juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Anggota KPU dan jajarannya yang telah melaksanakan tahapan Pemilu dengan baik. Begitu pula kepada Bawaslu Kabupaten Nias Selatan dan jajarannya yang telah berupaya mengawasi agar penyelenggaraan Pemilu berjalan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan,” ucap Elisati Halawa.

Selain itu, Halawa juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Anggota Legislatif Masa Jabatan 2014-2019 atas segala upaya dalam rangka menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat, serta melaksanakan tugas-tugas legislatif yang tentunya tidaklah ringan. “Untuk menjalankan fungsi DPRD sebagai Pembentukan Peraturan Daerah (Perda), Anggaran dan Pengawasan, tentunya tri fungsi tersebut tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Nias Selatan, Eksekutif, Yudikatif dan stakeholder lainnya,” kata Halawa.

Mengakhiri sambutannya, mengatakan segala masukan dan saran akan terbuka menerimanya. Sembari ia mengajak, marilah kita membangun dialog yang sehat, menciptakan relasi yang harmonis antar lembaga satu dengan lainnya dan mengutamakan kepentingan umum atau masyarakat menuju Nias Selatan semakin maju kedepannya.

Dalam sambutan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, yang diwakili oleh Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, menyatakan Pemilihan Umum telah selesai, siapapun yang telah terpilih dipastikan mengabdi untuk kepentingan seluruh masyarakat.

“Untuk itu sebagai Anggota Dewan, saudara harus memastikan hal tersebut untuk membela dan memperjuangkan kepentingan seluruh masyarakat, melalui kewenangan yang diberikan kepada saudara, tanpa membeda-bedakan basis massa maupun yang bukan basis massanya, karena seluruh masyarakat merupakan warga Negara Indonesia yang memiliki hak yang sama,” harap Gubernur Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi menghimbau kepada legislatif Kabupaten Nias Selatan Masa Jabatan 2019-2024 dengan mengatakan mengabdilah untuk kepentingan masyarakat, dan tidak mendahulukan kepentingan pribadi, golongan maupun kelompok masing-masing, karena saudara-saudara representatif rakyat.

“Saya atas nama Pemerintah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian dan dedikasi terhadap tugas yang telah saudara-saudara jalani. Saya berharap walaupun pengabdian sebagai Anggota Dewan telah berakhir, namun kontribusi pengabdian untuk masyarakat tidaklah pernah berhenti, dukungan maupun kritikan secara konstruktif harus senantiasa saudara berikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, maupun jalannya pemerintahan,” tandas Gubernur Sumatera Utara.

(timliputandiskominfonisel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *