Desa dan Kelurahan di Nias Selatan Miliki Operator Aplikasi SIKS-NG

0 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – Masing-masing operator desa dan kelurahan di Kabupaten Nias Selatan yang berjumlah 461 orang mengikuti pertemuan untuk aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) di Rumah Dinas Bupati Nias Selatan, Jumat (1/11).
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH dan turut dihadiri oleh Forkopimda, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan Intansani Haria, SE.,MM beserta para ASN dilingkungan Dinas Sosial.

Intansani Haria dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk menyamakan presepsi dan pemahaman terhadap Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin dan Paraturan Menteri Sosial Nomor 28 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu.Lanjut Intasani Haria meyampaikan, pertemuan ini juga untuk meningkatkan komitmen bersama terutama operator SIKS-NG dalam melaksanakan verifikasi dan validasi data kesejahteraan sosial melalui aplikasi sehingga ketepatan sasaran penerima manfaat program penyelenggaraan kesejahteraan sosial melalui penyediaan data yang akurat, up to date dan terintergrasi dalam satu data dapat tercapai.Bupati Nias Selatan dalam arahannya bahwa pekerjaan yang dilakukan dalam pendataan fakir miskin dan orang tidak mampu adalah bagian dari pada amal dalam kehidupan. Masing-masing operator dapat melihat kriteria yang mendapat bantuan kesejahteraan yang memang benar tidak mampu bekerja dan kehidupannya tidak ada jalan lain yang dilakukan.
Selanjutnya beliau menyampaikan adanya batuan kesejahteraan sosial dari pemerintah pusat agar mengurangi beban hidup masyarakat yang tidak mampu. Diharapkan agar tugasnya dilakukan tepat sasaran dalam melaksanakan verifikasi dan validasi data dan kesalahan pendataan tidak terulang.
Pada kegiatan tersebut Bupati Nias Selatan berpesan kepada para peserta agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) kedepan agar menciptakan kedamaian dan keamanan di desanya.(timliputandiskominfokabnisel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *