Atraksi Budaya Dari Nias Selatan Tampil Spektakuler Di YNF 2019

0 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – Atraksi budaya dari Kabupaten Nias Selatan tampil dengan spektakuler pada acara pembukaan Ya’ahowu Nias Festival 2019 di lapangan Tetesua Sirombo Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (16/11).

Hal ini tampak jelas pada saat melakukan tari “Fataelusa” dan Lompat Batu (Hombo Batu) dengan berbagai kreasi baru sehinggal dapat memikat perhatian para tamu dan undangan yang berada di sekeliling lapangan Tetesua Sirombu Nias Barat.

Selain atraksi budaya dari Kabupaten Nias Selatan, juga ditampilkan atraksi budaya diantaranya dari Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias Barat yang bagitu manarik serta tidak membosankan untuk dinikmati hingga berakhirnya semua pertunjukan.

Menurut penilaian Gubernur Sumatera Utara sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, dr. Ria Nofida Telaumbanua,M.Kes., Kepulauan Nias mempunyai keunggulan potensi budaya dan pariwisata yang tidak kalah saing dengan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara bahkan tingkat Nasional.

Ya’ahowu Nias Festival (YNF) sebagai agenda tahunan Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias sedang diperjuangkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pariwisata untuk ditetapkan dalam kalender of event Nasional.

“Sebagai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara saat ini sedang memperjuangkan Ya’ahowu Nias Festival menjadi kelender of event Nasional. Sebab apabila Ya’ahowu Nias Festival ini sudah masuk pada kelender of event nasional maka tidak hanya milik kelima daerah se-kepulauan Nias (skala daerah) namun akan menjadi event berstandar nasional bahkan internasional,” ujar Ria Nofida Telaumbanua, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara mewakili Gubernur Sumatera Utara.

Acara Ya’ahowu Nias Festival 2019 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara diwakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Ria Nofida Telaumbanua, didampingi para Kepala Daerah dan Forkopimda se-Kepulaun Nias yang ditandai dengan pemukulan gong serta disambut tepuk tangan yang meriah.

Pada acara pembukaan YNF ini, turut dihadiri Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru, dengan rombongan Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian, dan para pemain sanggar budaya dan pelompat batu dibawah binaan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Nias Selatan, serta tim liputan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Selatan.

Mengawali acara pembukaan YNF itu didahului dengan karnaval dan konvoi keliling lapangan Tetesua Sirombu Kabupaten Nias Barat. Peserta karnafal terdiri dari Kabupaten Nias Barat selaku tuan rumah, Kabupaten Nias, Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias Utara.

Semua rangkaian acara dapat berjalan baik, meskipun sempat diwarnai hujan namun tidak mengurangi semangat peserta karnaval. Setelah acara pembukaan akan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan YNF lainnya sampai pada tanggal 20 November 2019.

(timliputandiskominfonisel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *