Bupati Hilarius Duha Hadiri Acara Syukuran Pelantikan Wakil Ketua DPRD Nisel

0 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo – Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., bersama Ketua DPRD Elisati Halawa,ST., menghadiri acara syukuran atas pelantikan Wakil Ketua DPRD Nias Selatan (Nisel) periode 2019-2020, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., di Halaman Desa Siwalawa, Kecamatan Fanayama, Minggu (05/01).

Juga turut hadir, Sekretaris Daerah Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha,MM., Anggota DPRD, Pegangan Dakhi,S.Pd., dan Eliunus Ndruru, Ketua DPD Partai Nasdem, Ir. Alfred Laia, Sekretaris DPRD, Firman Giawa,SH.,MH., Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Seksama Sarumaha,S.IP.,M.A., Kepala Dinas Pertanian, Ir. Norododo Sarumaha,MM., Camat Fanayama, Arifman Fatizanolo Wau,SS.,MM., dan para Kepala Desa, Ketua dan Anggota BPD, Rohaniawan, Tokoh Masyarakat serta tamu dan undangan.

Acara tersebut dilaksanakan sebagai rasa syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Daerah Pemilihan Satu (Dapil I) dimana selama proses demokrasi pada April 2019 dapat terselenggarakan dengan baik, sehingga salah satu putra terbaik dari Desa Siwalawa terpilih menjadi Anggota DPRD bahkan sebagai Wakil Ketua DPRD Nias Selatan.

Hal ini disampaikan Rezeki Sarumaha,S.IP., mewakili keluarga besar Fa’atulo Sarumaha saat menyampaikan kata pembukaan. Ia mengatakan bahwa sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan diawali dengan renungan dan doa bersama yang dipimpin oleh Pdt. Thomas Sarumaha,S.Th.

“Masyarakat Dapil I dan khususnya Uluhosi diantaranya Desa Siwalawa, Hilikara Maha, Siliwulawa dan Hilifarokha Lawa, sangat merasa bangga dan senang atas terpilihnya Fa’atulo Sarumaha sebagai Anggota sekaligus menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan,” ujar Yamoeraera Sarumaha selaku Penjabat Kepala Desa Hilikara Maha sekaligus mewakili unsur Tokoh melalui sambutannya.

Sebagai wujud rasa kebanggaan masyarakat Uluhosi atas terpilihnya Fa’atulo Sarumaha, Anggota DPRD dan juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan ditandai dengan pemberian penghargaan berupa seperangkat pakaian adat serta didaulat dengan nama kebesaran dalam adat “Amada Farokha Maniamolo” sebagaimana disebutkan mewakili tokoh adat dan tokoh masyarakat (Si’ulu/Si’ila), Amada Sondra’u Moyo alias Ama Kuaso Sarumaha, di Halaman Desa Siwalawa.

Selain itu, masyarakat Desa Siwalawa juga memberikan cenderamata kepada Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, Ketua DPRD, Elisati Halawa, dan Ketua DPD Partai Nasdem Kabuptaen Nias Selatan, Alfred Laia.

Hal ini diberikan oleh masyarakat untuk mengucapkan terima kasih kepada pimpinan daerah dimana selama ini ada banyak bentuk perhatian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Contohnya, pembangunan jalan antara Desa Siwalawa – Onohondro menuju Desa Hilinawalo Fau, Tahun Anggaran 2019, maupun pembangunan sarana dan prasana lainnya,” ujar Yamoeraera Sarumaha.

Dalam sambutan Faatulo Sarumaha, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa dari seluruh masyarakat, sehingga dirinya terpilih menjadi DPRD bahkan sebagai Wakil Ketua DPRD Nias Selatan periode 2019-2024.

“Bahkan hari ini merasa terharu dengan saya diberikan cenderamata dan gelar adat “Farokha Maniamolo”. Ini adalah hal yang luar biasa telah diberikan oleh masyarakat untuk saya ingat dan terbeban untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ucap Sarumaha.

“Mungkin pada proses domokrasi tanggal 17 April 2019 yang lalu ada perbedaan politik di antara kita, tetapi saat ini saya mau katakan perbedaan itu marilah kita akhiri. Dan marilah kita bergandengan tangan bersama pemerintah dibawa pimpinan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha untuk melanjutkan pembangunan di masa mendatang,” ungkap Fa’atulo Sarumaha.

Ketua DPRD Nias Selatan, Elisati Halawa dan Ketua DPD Partai Nasdem, Alfred Laia, mengapresiasi soliditas masyarakat Desa Siwalawa bersama Desa lainnya yang telah memberikan dukungan kepada Fa’atulo Sarumaha, sehingg bisa terpilih menjadi Anggota DPRD sekaligus sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan.

“Saya secara pribadi bangga dengan Desa Siwalawa dimana selama lima periode sejak masih bergabung di Kabupaten Nias, putra dan putri terbaikdari Desa Siwalawa silih berganti menjadi Anggota Dewan. Mulai dari Fatilia Sarumaha, Hurezame Sarumaha, Agusdamai Sarumaha, Berkati Sarumaha, hingga Fa’atulo Sarumaha,” sebut Elisati Halawa.

Dalam sambutan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, mengucapkan terima kasih atas niat baik masyarakat dalam menentukan hak pilihnya pada April 2019 yang lalu. “Dengan niat baik itu, Pemerintah Daerah mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung Anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang yang berlaku,” harap Hilarius Duha.

Bupati Hilarius Duha mengatakan bahwa apapun pekerjaan yang kita lakukan bila dengan tulus dan ikhlas pasti hasilnya akan baik dan maksimal. “Oleh karena itu pada kesempatan ini saya mengharapkan Kepala Desa baru agar mempunyai komitmen yang baik untuk melanjutkan program yang telah dimulai oleh Penjabat Kepala Desa sebelumnya,” harap Hilarius Duha.

Untuk memaksimalkan pembangunan ke depan, Bupati juga mengharapkan koordinasi yang baik. “Serta segala kebutuhan masyatakat harus dibawa dalam musyawarah desa dan bila ada kendala dalam menjalankan tugas-tugas di Desa agar dimusyawarahkan dengan baik serta mengutamakan kepentingan masyarakat,” cetus Hilarius Duha.

Acara syukuran terpilihnya Wakil Ketua DPRD Nias Selatan (Nisel) periode 2019-2020, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., berjalan dengan baik, dimeriahkan dengan persembahan koor dan tarian maena massal. Dengan pembawa acara Walaupun Sarumaha,S.Pd.,M.A.,M.I.P.

(timliputandiskominfonisel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *