Rapat Forkada/Forkopimda Se-Kepulauan Nias Tahun 2020

0 Shares

NIAS SELATAN, Diskominfo- Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., mengikuti rapat Forkada/Forkopimda Se-Kepulauan Nias yang dibuka langsung oleh Bupati Nias Utara M.Ingati Nazara selaku ketua Forkada/Forkopimda di Kepulauan Nias di Baga Hotel Kabupaten Nias Selatan, Jumat (12/6).

Dalam hal membahas peraturan Bupati/Walikota tentang pelaksanaan tatanan normal baru produktif dan aman corona virus disease 2019 di wilayah Kepulauan Nias berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 440-830 Tahun 2020, mulai aktif kembalinya proses belajar dalam pendidikan, dan akses penerbangan di Bandara.Dimana pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap dimulai dari penyesuaian kegiatan ASN, pembelajaran di sekolah/pendidikan, Kegiatan Keagamaan di rumah/tempat ibadah, aktivitas bekerja/tempat kerja, Kegiatan di tempat fasilitas umum, Kegiatan Sosial dan budaya serta pergerakan orang dan barang menggunakan moda transportasi, dimana bagi yang melanggar akan diberikan sanksi tegas, jelas Sekda Kabupaten Nias Utara, Yafeti Nazara, S. Kep., M.Kep., NSpM., dalam menyampaikan paparannya tentang tatanan normal baru dalam mendukung Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS).

Hilarius Duha menyampaikan bahwa keputusan bersama tidak hanya melihat dari satu aspek saja, namun dari beberapa aspek khususnya aspek ekonomi, sehingga kita harus dapat menyesuaikan diri pada program Pemerintah yang ada dalam penanganan penyebaran Covid-19 dari mulai program PSBB yang kemudian menjadi program New Normal yang pelaksanaannya sudah diharuskan di propinsi sampai kabupaten/kota.

“Bukan semata-mata orang yang sudah tertular yang dapat menularkan Covid-19 melainkan yang kelihatan Sehat saja bisa menularkan Virus Covid-19 dikarenakan Imun tubuhnya kuat, sehingga diharapkan dalam menerapkan New Normal seluruh aspek displin melaksanakan standar protokol kesehatan dengan cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, hindari berjabat tangan baik di dalam keluarga maupun aktifitas masyarakat dengan memperhatikan aspek ekonomi di Kepulauan Nias “, jelas Hilarius Duha.

Tiga kriteria tujuan dalam New Normal yang diharapkan dapat dirumuskan bersama diantaranya pelaksanaan protokol kesehatan secara dispilin, pengamanan adipale, dan penentuan kesanggupan anggaran kabupaten/kota seKepulauan Nias dalam menanggulangi biaya dalam pemeriksaan antisipasi virus corona bagi orang yang masuk dari pelabuhan dan Bandara dikarenakan tiap kabupaten/kota yang merupakan akses keluar masuk pulau memiliki pola pemikiran yang berbeda sehingga diperlukan kesepakatan bersama, ucap Hilarius Duha dalam diskusi pembahasan usulan perumusan peraturan Bupati/Walikota tentang pelaksanaan tatanan normal baru produktif dan aman.

Segala saran dan usulan hasil diskusi diterima baik oleh ketua Forkada M.Ingati Nazara untuk dipertimbangkan dalam perumusan peraturan Bupati/Walikota Sekepulauan Nias pada rapat berikutnya, menunggu Draff peraturan daerah yang masih disusun oleh pihak provinsi yang telah disetujui oleh Gubernur Sumatera Utara, namun untuk sementara diharapakan untuk memperketat pemeriksaan kesehatan bagi penumpang atau orang yang melalui akses masuk pelabuhan dan bandara di Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias Selatan.

Turut hadir Walikota Gunung Sitoli, Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli, MM., Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely, S.Pd, Wakil Walikota Gunung Sitoli, Sowa’a Laoli, SE., M.Si., Wakil Bupati Nias Selatan, Sozanolo Ndruru, Wakil Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Lucky Boy Siburian, SE, M.Tr. Hanla, Dandim 0213 Letkol Inf. TP Lobuan Simbolon, Kapolres Nias, AKBP. Deni Kurniawan, S.I.K.,M.H., Kajari Gunung Sitoli, Futi H. Laoli, SH., MH., Kajari Nias Selatan, Rindang Onasis, SH..

Turut serta Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Asisten Sekda bidang Pemerintahan&Kesra, Staf Ahli Bupati bidang Hukum, Kabag Hukum, Kepala BPBD, Kepala Dinas KesehatanKepala UPBU Binaka Gunungsitoli, Pimpinan/Mewakili (PT. Susy Air, PT. Garuda Air, PT. Wings Air), Unit Penyelenggaraan Pelabuhan Kelas III dan undangan lainnya(timliputandiskominfonisel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *